Ghufran, Ghufran (2024) PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT MELALUI PERSEPSI KEMUDAHAN (STUDI PADA NASABAH PT. BANK SULSELBAR CABANG MAKASSAR) = THE INFLUENCE OF WORD OF MOUTH ON CREDIT TAKING DECISIONS THROUGH PERCEPTION OF EASE (STUDY ON CUSTOMERS OF PT. BANK SULSELBAR MAKASSAR BRANCH). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012222155_tesis_08-07-2024 cover1.png
Download (471kB) | Preview
A012222155_tesis_08-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (5MB)
A012222155_tesis_08-07-2024_Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (3MB)
A012222155_tesis_08-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 14 November 2026.
Download (11MB)
Abstract (Abstrak)
Word of mouth marketing communication (WOM) merupakan sebuah proses komunikasi dari mulut ke mulut yang berupa penyampaian saran atau rekomendasi baik itu secara perorangan ataupun kelompok terhadap suatu produk barang ataupun jasa yang juga bermaksud untuk menyampaikan secercah informasi secara personal. Tujuan dari penelitian ini yakni enganalisis pengaruh word of mouth terhadap minat pengambilan kredit PT. Bank Sulselbar Cabang Makassar baik secara langsung maupun jika dimediasi oleh persepsi kemudahan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Pengumpulan data primer menggunakan suatu metode survei. Pendekatan penelitian adalah suatu alur primer yang dipergunakan peneliti dalam mencapai suatu tujuan dan memastikan jawaban terhadap masalah yang diutarakan. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sekitar 399 responden.
Hasil peneltian menemukan bahwa Word of mouth (WOM) berperan signifikan dalam membentuk persepsi positif mengenai kemudahan proses pengambilan kredit melalui cerita dan pengalaman yang dibagikan oleh orang-orang terdekat. Namun, meskipun efektif dalam membentuk persepsi, WOM tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit, menunjukkan bahwa ada faktor lain yang lebih dominan. Persepsi kemudahan sendiri memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit, di mana calon peminjam yang merasakan proses kredit mudah cenderung lebih bersedia untuk melanjutkan pengajuan. Saat persepsi kemudahan dijadikan mediator antara WOM dan keputusan pengambilan kredit, WOM tetap tidak menunjukkan pengaruh signifikan, menandakan bahwa persepsi kemudahan adalah faktor krusial dalam hubungan ini.
Keywords : Word Of Mouth, Minat Pengambilan Kredit, Persepsi Kemudahan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Word of mouth, Interest in taking credit, Perception of ease. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39474 |