PERKEMBANGAN BUDAYA BARONGSAI DI INDONESIA


Nelita, Amelia Putri (2024) PERKEMBANGAN BUDAYA BARONGSAI DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of F091201019_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf] Text
F091201019_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of F091201019_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
F091201019_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of F091201019_skripsi_10-09-2024 dp.pdf] Text
F091201019_skripsi_10-09-2024 dp.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of F091201019_skripsi_10-09-2024.pdf] Text
F091201019_skripsi_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini membahas tentang perkembangan budaya barongsai yang ada di Indonesia. Barongsai dipercaya oleh masyarakat Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan, kebijaksanaan, dan dapat mengusir segala kesialan. Barongsai menjadi sebuah kebudayaan yang terus dipertunjukkan setiap hari raya Imlek, namun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto muculnya peraturan yang melarang segala kegiatan budaya dan keagamaan yang berkaitan dengan Tiongkok yang menyebabkan perkembangan barongsai di Indonesia sempat terhenti selama 33 tahun. Pada tahun 2000, dengan munculnya Peraturan Presiden nomor 6 tahun 2000 barongsai dapat kembali bangkit di Indonesia dan menunjukan popularitasnya. Perkembangan budaya barongsai di Indonesia yang cukup panjang, menunjukan bahwa barongsai merupakan sebuah budaya yang harus dijaga dan dilestarikan agar dapat menunjukan eksistensinya sebagai salah satu bentuk akulturasi budaya Tionghoa dan Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:24
Last Modified: 19 Nov 2024 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39434

Actions (login required)

View Item
View Item