STRATEGI INOVASI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR = BUSINESS INNOVATION STRATEGY TO INCREASE SALES AT PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR


Rustan, Rustan (2024) STRATEGI INOVASI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR = BUSINESS INNOVATION STRATEGY TO INCREASE SALES AT PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222102_tesis_31-07-2024 cover1.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222102_tesis_31-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (488kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222102_tesis_31-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222102_tesis_31-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2026.

Download (914kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi inovasi bisnis untuk meningkatkan penjualan pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Rumusan masalah meliputi strategi inovasi bisnis yang diterapkan dan formulasi strategi inovasi bisnis yang tepat.
Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan analisis data primer dan sekunder. Lokasi penelitian dilakukan di PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Teknik pengumpulan data primer meliputi wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen internal perusahaan.
Hasil analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang memengaruhi kinerja PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Selanjutnya, hasil analisis ini menjadi dasar dalam merumuskan strategi inovasi bisnis yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan penjualan.
Berdasarkan penelitian ini, disusun strategi prioritas yang meliputi peningkatan efisiensi operasional untuk mengatasi keterbatasan sumber daya, peningkatkan evaluasi terhadap inovasi, dan mengoptimalkan strategi inovasi yang telah ada untuk memperluas pangsa pasar. Strategi-strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan penjualan pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi PT Bosowa Berlian Motor Makassar dalam meningkatkan daya saing di industri otomotif.

Keywords : strategi, inovasi, inovasi bisnis, kinerja, penjualan, PT Bosowa Berlian Motor Makassar, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategy, innovation, business innovation, performance, sales, PT Bosowa Berlian Motor Makassar, SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:22
Last Modified: 19 Nov 2024 01:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39430

Actions (login required)

View Item
View Item