USULAN STRATEGI PEMASARAN DAN BRANDING DESTINASI PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KABUPATEN KOLAKA = PROPOSED MARKETING STRATEGY AND BRANDING FOR SUSTAINABLE TOURISM DESTINATIONS IN KOLAKA DISTRICT


WisnSardi, Wisnu Tri (2024) USULAN STRATEGI PEMASARAN DAN BRANDING DESTINASI PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KABUPATEN KOLAKA = PROPOSED MARKETING STRATEGY AND BRANDING FOR SUSTAINABLE TOURISM DESTINATIONS IN KOLAKA DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222035_tesis_08-08-2024 cover1.png

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222035_tesis_08-08-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222035_tesis_08-08-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222035_tesis_08-08-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Menurunnya jumlah pengunjung yang berwisata ke Kabupaten Kolaka menyebabkan masalah bisnis bagi Dinas Parawisata Kolaka. Penurunan pengunjung disebabkan oleh promosi dan pemasaran destinasi wisata yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi pemasaran dan promosi dalam menyelesaikan permasalahan di sektor parawisata. Penelitian ini menggunakan analisis STP dan bauran pemasaran untuk mendapatkan analisis internal, serta menggunakan anaisis Porter`s 5 Forces dan PESTLE untuk analisis ekternal. Hasil dari analisis tersebut kemudian digabungkan dan dijabarkan menggunakan analisis SWOT dan diekstraksi menggunakan metode Fish Bone untuk mendapatkan akar permasalahan, Dalam penelitian ini, akar masalah yang dihadapi Dinas Parawisata Kolaka yaitu menurunnya jumlah pengunjung akibat kurang maksimalnya promosi dan pemasaran yang dilakukan. Adapun solusi bisnis yang disarankan yaitu strategi pemasaran media sosial dan branding destinasi yang diharapkan dapat mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Kolaka agar dikenal secara meluas dan menarik banyak pengunjung.

Kata Kunci: 5 Kekuatan Porter, Bauran Pemasaran, Pemasaran Digital, PESTLE, STP, SWOT, Tulang Ikan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Porters Five Force,'Marketing mix, Digital marketing, FESTLE, STP, SWOT, Fishbone.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:33
Last Modified: 19 Nov 2024 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39400

Actions (login required)

View Item
View Item