Hermawan, Yudi (2024) ANALISIS SWOT SEBAGAI LANDASAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. TIFAUTAMA TRAVELINDO = SWOT ANALISYS AS A BASIS TO DETERMINE MARKETING STRATEGIES IN PT TIFAUTAMA TRAVELINDO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012222100_tesis_04-09-2024 cover1.jpg
Download (214kB) | Preview
A012222100_tesis_04-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
A012222100_tesis_04-09-2024 dp.pdf
Download (968kB)
A012222100_tesis_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
YUDI HERMAWAN. ANALISIS SWOT SEBAGAI LANDASAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT.TIEAUTAMA TRAVELINDO. (Telah diperiksa oleh Abdul Razak Munir dan Muhammad Toaha) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran pada PT.Tifautama Travelindo.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi,dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Tifautama Travelindo memiliki kekuatan,kelemahan. peluang,dan ancaman yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan strategi pemasaran. Kekuatan perusahaan terletak pada reputasi yang baik,pengalaman yang luas,dan jaringan yang luas.Kelemahan perusahaan terletak pada sumber daya manusia yang terbatas dan teknologi yang belum canggih.Peluang perusahaan terletak pada pertumbuhan pasar pariwisata,meningkatnya jumlah wisatawan domestik dan mancanegara,dan tren wisata online.Ancaman perusahaan terletak pada persaingan yang ketat,perubahan regulasi,dan krisis ekonomi. Berdasarkan analisis SWOT,perusahaan perlu merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dengan kekuatan,kelemahan,peluang,dan ancaman yang dihadapi.Strategi pemasaran yang direkomendasikan adalah strategi fokus,strategi diferensiasi,dan strategi kepemimpinan biaya.Strategi fokus berfokus pada melayani segmen pasar tertentu,seperti wisatawan bisnis atau wisatawan keluarga.Strategi diferensiasi membedakan perusahaan dari pesaing dengan menawarkan produk atau layanan yang unik.Strategi kepemimpinan biaya bersaing dengan menawarkan harga yang lebih rendah daripada pesaing. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan strategi pemasaran PT.Tifautama Travelindo sehingga perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : SWOT, Matrik Eksternal, Internal,QSPM, Grand Strategy
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 00:42 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 00:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39313 |