FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR KUBIS PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA MAKASSAR


Resky, Rini Aprilia (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR KUBIS PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of P042221029_tesis_14-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
P042221029_tesis_14-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of P042221029_tesis_14-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
P042221029_tesis_14-10-2024 cover1.jpg

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of P042221029_tesis_14-10-2024 dp.pdf] Text
P042221029_tesis_14-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of P042221029_tesis_14-10-2024.pdf] Text
P042221029_tesis_14-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sangat penting bagi bisnis yang ingin sukses di pasar yang kompetitif dengan memuaskan kebutuhan konsumen secara efektif dan bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sayur kubis di pasar tradisional Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional (pasar terong, pasar niaga daya, dan pasar karwisi), yang dipilih secara sengaja (Purposive). sampel pada penelitian ini sebanyak 138 responden yang merupakan konsumen yang pernah atau sedang membeli sayur kubis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan memperoeh data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk dapat memberikan gambaran mengenai masalah yang ada dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan Software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung bahwa faktor persepsi harga, motivasi, dan gaya hidup mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sayur kubis di pasar tradisional Kota Makassar. Sedangkan faktor persepsi harga, motivasi, dan gaya hidup mempunyai pengaruh tidak langsung signifikan terhadap keputusan pembelian melalui faktor mediator perilaku konsumen terhadap pembelian sayur kubis di pasar tradisional Kota Makassar. Pengaruh karakteristik konsumen, persepsi harga, motivasi, dan faktor gaya hidup terhadap perilaku konsumen sangat besar dan dapat dimanfaatkan secara strategis oleh bisnis untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Dengan memahami faktor-faktor ini, pemasar dapat mengembangkan strategi yang efektif yang sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan nilai konsumen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:08
Last Modified: 18 Nov 2024 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39273

Actions (login required)

View Item
View Item