Resky, Rini Aprilia (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR KUBIS PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
P042221029_tesis_14-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (783kB)
P042221029_tesis_14-10-2024 cover1.jpg
Download (298kB) | Preview
P042221029_tesis_14-10-2024 dp.pdf
Download (1MB)
P042221029_tesis_14-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sangat penting bagi bisnis yang ingin sukses di pasar yang kompetitif dengan memuaskan kebutuhan konsumen secara efektif dan bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sayur kubis di pasar tradisional Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional (pasar terong, pasar niaga daya, dan pasar karwisi), yang dipilih secara sengaja (Purposive). sampel pada penelitian ini sebanyak 138 responden yang merupakan konsumen yang pernah atau sedang membeli sayur kubis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan memperoeh data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk dapat memberikan gambaran mengenai masalah yang ada dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan Software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung bahwa faktor persepsi harga, motivasi, dan gaya hidup mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sayur kubis di pasar tradisional Kota Makassar. Sedangkan faktor persepsi harga, motivasi, dan gaya hidup mempunyai pengaruh tidak langsung signifikan terhadap keputusan pembelian melalui faktor mediator perilaku konsumen terhadap pembelian sayur kubis di pasar tradisional Kota Makassar. Pengaruh karakteristik konsumen, persepsi harga, motivasi, dan faktor gaya hidup terhadap perilaku konsumen sangat besar dan dapat dimanfaatkan secara strategis oleh bisnis untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Dengan memahami faktor-faktor ini, pemasar dapat mengembangkan strategi yang efektif yang sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan nilai konsumen.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username chandra |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:08 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:08 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39273 |