STRATEGI PEMASARAN BIJI KOPI DENGAN SWOT ANALYSIS, SPACE MATRIX, DAN QSPM PADA KAPAKATA COFFEE ROASTERS


Sultan, Mustamir (2024) STRATEGI PEMASARAN BIJI KOPI DENGAN SWOT ANALYSIS, SPACE MATRIX, DAN QSPM PADA KAPAKATA COFFEE ROASTERS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of P042221012_tesis_09-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
P042221012_tesis_09-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of P042221012_tesis_09-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
P042221012_tesis_09-10-2024 cover1.jpg

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of P042221012_tesis_09-10-2024 dp.pdf] Text
P042221012_tesis_09-10-2024 dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of P042221012_tesis_09-10-2024.pdf] Text
P042221012_tesis_09-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Kapakata Coffee Roasters di Makassar membuat biji kopi spesial kelas 1 namun penjualan mengalami fluktuasi. Tujuan: Penelitian ini menggunakan SWOT, SPACE, dan QSPM untuk mengetahui strategi pemasaran biji kopi Kapakata. Metode. Analisis SWOT, SPACE, dan QSPM menilai data primer dan sekunder dari 10 informan dalam investigasi lapangan kualitatif ini. Hasil. Analisis SWOT mengungkap berbagai strategi SO, antara lain menghasilkan variasi produk dan menjaga kualitas produk, menerapkan program loyalitas konsumen, serta menjaga hubungan pemasok yang solid. Kapakata harus menggunakan teknik WO untuk memasarkan produk di media sosial, memperluas jangkauannya ke luar Makassar, dan meningkatkan produksi. Kapakata harus menciptakan standar produk yang jelas dan kemasan pengiriman yang lebih aman untuk inisiatif ST. Kapakata harus bermitra dengan penyedia pengiriman untuk menjamin bahwa bahan mentah dari pemasok tersedia untuk rencana WT. Kapakata berada di kuadran agresif matriks SPACE, yang ideal untuk menggunakan kekuatan internal guna meraih peluang eksternal, memperbaiki kekurangan internal, dan menghindari ancaman eksternal. Berdasarkan hasil dari semua metode yang dilakukan Kapakata harus menghasilkan versi dan desain produk. Kesimpulan. Dalam usaha meningkatkan pemasaran, Kapakata harus mengembangkan variasi dan desain produk, memastikan ketersediaan bahan baku, dan memelihara hubungan pemasok yang kuat untuk memenuhi permintaan konsumen serta menstabilkan dan meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:05
Last Modified: 18 Nov 2024 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39270

Actions (login required)

View Item
View Item