KARAKTERISTIK, PREFERENSI DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA MAKASSAR


Fadli, Feri (2024) KARAKTERISTIK, PREFERENSI DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of P042221006_tesis_10-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
P042221006_tesis_10-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of P042221006_tesis_10-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
P042221006_tesis_10-10-2024 cover1.jpg

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of P042221006_tesis_10-10-2024 dp.pdf] Text
P042221006_tesis_10-10-2024 dp.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of P042221006_tesis_10-10-2024.pdf] Text
P042221006_tesis_10-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Sayuran hidroponik di Kota Makasar mulai berkembang dengan baik, namun belum mampu mengetahui minat beli konsumen secara rinci, hal ini sangat berpengaruh terhadap proses pemasaran pada sayuran tersebut. dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik konsumen sayuran, untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap pembelian sayuran, untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pembelian sayuran, dan untuk menganalisis pengaruh karakteristik, preferensi dan kepuasan konsumen terhadap pembelian sayuran. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sampel sebanyak 70 responden yang merupakan konsumen dari 3 usaha hidroponik. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis tujuan satu. Analisis konjoin digunakan untuk menganalisis tujuan dua. Importance Performance Analysis dan analisis Customer satisfaction index digunakan untuk menganalisis tujuan tiga. Sementara, tujuan empat dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen sayuran didominasi oleh usia dewasa dengan pendapatan menengah dan jumlah anggota keluarga sedang. Atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian secara berturut-turut adalah harga, kualitas produk, lokasi kemudian disusul pelayanan. Kepuasan konmsumen dengan analisis Important Performance Analysis secara keseluruhan kinerja produk sesuai harapan konsumen dengan nilai total kepentingan (74,11) yang lebih tinggi dibandingkan nilai kinerja (66,74). dan hasil perhitungan Customer satisfaction index tingkat kepuasan konsumen adalah sebesar 74,34% (Puas). Pengaruh karaktristik, preferensi dan kepuasan terhadap pembelian sayuran, umur, pendapatan, jumlah anggota keluarga, harga, kualitas, kemasan, lokasi, pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap jumlah pembelian sayuran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:04
Last Modified: 18 Nov 2024 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39269

Actions (login required)

View Item
View Item