EFEKTIVITAS EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO VIRTUAL REALITY TERHADAP KEBERSIHAN MULUT, PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REMU, KOTA SORONG, PAPUA BARAT DAYA = THE EFFECTIVENESS OF EDUCATION USING VIRTUAL REALITY VIDEO MEDIA ON ORAL HYGIENE, KNOWLEDGE AND BRUSHING SKILLS IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN THE WORKING AREA OF THE REMU HEALTH CENTER, SORONG CITY, SOUTHWEST PAPUA


Qalbiyani, Dewi (2024) EFEKTIVITAS EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO VIRTUAL REALITY TERHADAP KEBERSIHAN MULUT, PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REMU, KOTA SORONG, PAPUA BARAT DAYA = THE EFFECTIVENESS OF EDUCATION USING VIRTUAL REALITY VIDEO MEDIA ON ORAL HYGIENE, KNOWLEDGE AND BRUSHING SKILLS IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN THE WORKING AREA OF THE REMU HEALTH CENTER, SORONG CITY, SOUTHWEST PAPUA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J012222007_tesis_03-09-2024 cover1.jpg

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J012222007_tesis_03-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J012222007_tesis_03-09-2024 dp.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J012222007_tesis_03-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Virtual reality (VR) merupakan teknologi yang menciptakan simulasi yang menyerupai dunia nyata. VR memiliki keunggulan yaitu jenis videonya lebih interaktif, portable, tampilan lebih realistis dan mencapai 360˚. VR semakin banyak digunakan dalam dunia pendidikan karena berpotensi meningkatkan pengalaman belajar siswa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media video menggunakan VR terhadap kebersihan mulut, pengetahuan dan keterampilan siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Remu, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Bahan dan Metode: Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain one-group pre-test post-test. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 212 peserta. VR yang digunakan ialah VR berbasis smartphone. Hasil: Nilai rerata total skor jawaban benar kuesioner pengetahuan meningkat dari 4,59 menjadi 6,33. Skor OHIS tidak memiliki perubahan yang signifikan, namun terlihat ada peningkatan pada debris index score (DIS). Terdapat peningkatan keterampilan menyikat gigi secara signifikan dengan nilai p <0,001 dari kategori “kurang terampil” menjadi “terampil”. Responden dikatakan terampil menyikat gigi apabila mampu mendemonstrasikan teknik menyikat gigi sesuai rekomendasi American Dental Association. Kesimpulan: Media video virtual reality efektif dalam meningkatkan kebersihan mulut, pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Remu, Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Kata Kunci : Efektivitas edukasi; media video; virtual reality; pengetahuan; kebersihan mulut; keterampilan menyikat gig

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:07
Last Modified: 08 Nov 2024 07:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39192

Actions (login required)

View Item
View Item