PENGARUH HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS) TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS HASANUDDIN


Riska, Riska (2023) PENGARUH HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS) TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E031181324_skripsi_13-11-2023 cover1.png]
Preview
Image
E031181324_skripsi_13-11-2023 cover1.png

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of E031181324_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf] Text
E031181324_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of E031181324_skripsi_13-11-2023 dp.pdf] Text
E031181324_skripsi_13-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E031181324_skripsi_13-11-2023.pdf] Text
E031181324_skripsi_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RISKA, E031181324. Penelitian ini berjudul Pengaruh Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Dalam penyelesaian skripsi ini, peneliti dibantu oleh Ibu Dr. Nuvida RAF, S.Sos, M.A selaku pembimbing I dan Bapak Sultan, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti saat ini mahasiswa yang berbelanja online bukan hanya untuk kebutuhan melainkan untuk memenuhi gaya hidup dengan adanya Harbolnas membuat perilaku belanja online mahasiswa menjadi konsumtif untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui apakah Harbolnas mempengaruhi tingkat konsumsi mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini mahasiswa Angkatan 2020 di FISIP Unhas berjumlah 589 mahasiswa yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 86 mahasiswa berdasarkan rumus slovin, dengan tingkat kesalahan yaitu 10% atau 0,1. Penelitian ini menggunakan teori konsumerisme Jean Baudrillard dalam menjelaskan perilaku belanja online mahasiswa FISIP Unhas. Hasil penelitian ini menunjukkan kesamaan perilaku belanja online mahasiswa FISIP Unhas yaitu berbelanja di berbagai aplikasi dan membandingkan harganya serta terpengaruh oleh iklan media sosial untuk mengikuti tren masa kini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Nov 2024 01:29
Last Modified: 15 Nov 2024 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39191

Actions (login required)

View Item
View Item