Purwanti, Winda (2024) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA PENJUALAN AYAM BROILER DI UD. AYAM POTONG BAROKAH KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS = APPLICATION OF MARKETING MIX TO SALES OF BROILER CHICKENS AT UD. BAROKAH CUT CHICKEN TOMPOBULU DISTRICT, MAROS DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
I011201209_skripsi_03-09-2024 cover1.jpg
Download (221kB) | Preview
I011201209_skripsi_03-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
I011201209_skripsi_03-09-2024 dp.pdf
Download (2MB)
I011201209_skripsi_03-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 August 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kegiatan pemasaran dan penjualan adalah suatu hal yang mutlak dalam suatu usaha. Aktivitas bauran pemasaran memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan dimana hasil produksi dapat diterima dengan baik oleh konsumen sehingga hasil penjualan produk perusahaan dapat meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran pada penjualan ayam broiler yang diterapkan di UD. Ayam Potong Barokah Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Penelitian ini dilakukan di UD. Ayam Potong Barokah Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan sumber data berasal dari data primer berupa observasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian bauran pemasaran pada penjualan ayam broiler di UD. Ayam Potong Barokah Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui bauran pemasaran yang diterapkan, yaitu menggunakan variable 4P yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Berdasarkan hasil penelitian, produk yang ada di UD. Ayam Potong Barokah disesuaikan dengan permintaan konsumen yaitu ayam broiler hidup, karkas, dan non karkas. Hal ini menjadi pusat perhatian bagi produsen untuk memperhatikan kesediaan dan kualitas produk. Penetapan harga pada UD. Ayam Potong Barokah menggunakan penetapan harga berbasis permintaan sesuai ukuran bobot ayam yang dibeli. UD. Ayam Potong Barokah melakukan promosi secara offline dan online. Promosi secara offline dilakukan menggunakan spanduk promosi . Promosi secara online dilakukan melalui whatsapp dan facebook. Lokasi UD. Ayam Potong Barokah yang saat ini dipilih berada di lokasi yang dekat dengan akses jalan dan berada ditengah pemukiman masyarakat.
Kata Kunci : Ayam Broiler, Bauran Pemasaran, Harga, Tempat, Promosi, Produk
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Broiler Chickens, Marketing Mix, Price, Place, Product, Promotion |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 00:52 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 00:52 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39150 |