Model Komunikasi Penanganan Konflik Melalui Pemberdayaan Orang Asli Papua di Teluk Bintuni Papua Barat


Haris, Haris (2024) Model Komunikasi Penanganan Konflik Melalui Pemberdayaan Orang Asli Papua di Teluk Bintuni Papua Barat. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of E033202002_disertasi_14-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
E033202002_disertasi_14-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E033202002_disertasi_14-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E033202002_disertasi_14-10-2024 cover1.jpg

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of E033202002_disertasi_14-10-2024 dp.pdf] Text
E033202002_disertasi_14-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E033202002_disertasi_14-10-2024.pdf] Text
E033202002_disertasi_14-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi penanganan konflik melalui program pemberdayaan orang asli Papua di Kabupaten Teluk Bintuni, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu melakukan wawancara terhadap tokoh masyarakat orang asli Papua (OAP), perwakilan pemerintah dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Teluk Bintuni serta Anggota Majelis Rakyat Papua Papua Barat (MRP PB) semua berjumlah 24 (dua puluh empat) orang. Hasil penelitian ini menemukan model komunikasi triparti untuk penanganan konflik di Kabupaten Teluk Bintuni yaitu komunikasi pemerintah dengan tokoh-tokoh Lembaga Masyarakat Adat (LMA) sebagai pemuka pendapat (opinion leader) dengan masyarakat asli Papua yang kolaboartif dan dapat dipahami oleh masing-masing stakeholder sehingga dapat menyelesaikan konflik di Papua khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 14 Nov 2024 06:06
Last Modified: 14 Nov 2024 06:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39113

Actions (login required)

View Item
View Item