Feminisme dalam Anime (Analisis Framing Model Gamson dan Modigliani pada Anime One Piece Arc Amazon Lily)


Salim, Sayid (2024) Feminisme dalam Anime (Analisis Framing Model Gamson dan Modigliani pada Anime One Piece Arc Amazon Lily). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of E022222001_tesis_14-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
E022222001_tesis_14-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E022222001_tesis_14-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E022222001_tesis_14-10-2024 cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of E022222001_tesis_14-10-2024 dp.pdf] Text
E022222001_tesis_14-10-2024 dp.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of E022222001_tesis_14-10-2024.pdf] Text
E022222001_tesis_14-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pembingkaian feminisme pada Anime One Piece Arc Amazon Lily. (2) Mengetahui bagaimana realitas feminisme yang coba dibangun pada Anime One Piece Arc Amazon Lily. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks media. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis framing dari Gamson dan Modigliani yang melihat frame sebagai kemasan (package). Yakni, gaya bercerita atau serangkaian ide yang disusun sedemikian rupa untuk membentuk makna dari peristiwa yang terkait dengan suatu isu yang bangun. Adapun dalam penelitian ini juga menggunakan konsep nilai-nilai feminisme yang ditawarkan Nancy F. Cott. Yakni, sex equality, konstruksi sosial, dan identitas peran gender. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada nilai sex equality Eiichiro Oda menonjolkan premis kepemimpinan pada melalui karakter Boa Hancok. Pada nilai konstruksi sosial Eiichiro menonjolkan standar kecantikan sebagai “cantik adalah mereka yang kuat”. Dan pada nilai identitas dan peran gender isu yang ditonjolkan adalah pekerjaan-pekerjaan yang pada peran tradisionalnya dilakukan oleh laki-laki dilakukan juga oleh perempuan. Realitas yang coba dibangun melalui Amazon Lily adalah tendensi untuk memperlihatkan isu terkait feminsime dan gender adalah penting, ini menujukan peran media massa sebagai medium propaganda untuk mengubah persepsi publik dan membuka diskursus mengenai feminisme dan kesetaraan gender.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 13 Nov 2024 01:33
Last Modified: 13 Nov 2024 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39111

Actions (login required)

View Item
View Item