Busman, Indra (2023) DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMAN 2 PINRANG = THE IMPACT OF USING YOUTUBE SOCIAL MEDIA ON STUDENTS’ SOCIAL BEHAVIOR AT SMAN 2 PINRANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of E031181314_skripsi_13-11-2023 cover1.png]](/39103/1.hassmallThumbnailVersion/E031181314_skripsi_13-11-2023%20cover1.png)

E031181314_skripsi_13-11-2023 cover1.png
Download (141kB) | Preview
![[thumbnail of E031181314_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031181314_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf
Download (806kB)
![[thumbnail of E031181314_skripsi_13-11-2023 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031181314_skripsi_13-11-2023 dp.pdf
Download (891kB)
![[thumbnail of E031181314_skripsi_13-11-2023.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031181314_skripsi_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Indra busman, E031181314 “Dampak Penggunaan Media Sosial Youtube
Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di SMA Negeri 2 Pinrang” Dibimbing oleh
Hasbi Marrisangan dan Muh. Iqbal Latief. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu
Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial
youtube terhadap perilaku sosial siswa dan dampak penggunaan media sosial
youtube terhadap perilaku sosial siswa di SMA Negeri 2 Pinrang. Pengumpulan
data dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2023 dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Adapun teknik penarikan sampel menggunakan rumus
proportional stratified random sampling dan diperoleh 93 sampel penelitian yang
merupakan siswa SMA.
Berdasarkan rumusan masalah yang pertama mengenai penggunaan media sosial
youtube oleh siswa, didapatkan hasil bahwa rata-rata intensitas mengakses youtube
siswa SMA Negeri 2 Pinrang dalam sehari yaitu 1-2 jam sebanyak 74,19%.
Intensitas 1-2 jam tidak dapat dijadikan acuan dalam menentukan pengaruh sebuah
hasil penelitian, disebabkan karena interval waktu 1-2 jam hanya sebanyak 8,33%
dari total 24 jam dalam sehari, dan 22 jam atau sebanyak 91,66% waktunya
dihabiskan dengan kegiatan atau hal-hal lain, itu artinya tidak ada pengaruh youtube
terhadap perilaku sosial siswa. Adapun alasan siswa mengakses youtube rata-rata
memilih karena dijadikan sebagai media hiburan dan juga untuk mendapatkan
informasi terupdate, dan konten yang paling sering diakses adalah konten hiburan.
Pada rumusan masalah yang kedua, mengenai dampak media sosial youtube
terhadap perilaku sosial siswa diperoleh hasil bahwa youtube tidak memberikan
dampak pada perilaku sosial siswa di SMA Negeri 2 Pinrang, seperti pada tindakan
sosialnya yaitu siswa membantu orang lain, bernyanyi dan melawak, pengaruh
youtube yang didapatkan itu tidak ada, dan juga pada perilaku belajar yaitu siswa
malas belajar, mengabaikan guru yang sedang mengajar dikelas karena asyik
mengakses media sosial, dan lebih tertarik belajar lewat youtube, juga didapatkan
hasil bahwa tidak ada pengaruh dari youtube. Sedangkan pada perilaku
menyimpang siswa seperti perkelahian, tawuran, pembulian, berbuat jahil,
mengumpat, dan mengakses konten negatif, itu didapatkan hasil bahwa youtube
tidak memberikan pengaruh terhadap perilaku menyimpang siswa. Adapun pada
interaksi sosialnya, didapatkan hasil bahwa tidak ada pengaruh youtube terhadap
interaksi sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:13 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39103 |