Studi Impact Pressure Pada Straight Bow Melalui Percobaan Model


Anugerah, Evandy (2024) Studi Impact Pressure Pada Straight Bow Melalui Percobaan Model. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of D031201004_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
D031201004_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D031201004_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
D031201004_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of D031201004_skripsi_15-10-2024 dp.pdf] Text
D031201004_skripsi_15-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031201004_skripsi_15-10-2024.pdf] Text
D031201004_skripsi_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Studi Impact Pressure Pada Straight Bow Melalui Percobaan Model (Dibimbing oleh Suandar Baso)
Slamming adalah fenomena pada saat bagian haluan kapal naik melewati permukaan gelombang dan masuk kembali ke permukaan air dengan kecepatan tinggi. Slamming dapat menyebabkan tekanan impak (impact pressure) yang kuat pada bagian bawah kapal atau struktur, dan ini dapat memiliki dampak signifikan terhadap kekuatan struktural dan keamanan operasional. Tujuan penelitian ini Menentukan besar tekanan maksimum pada haluan kapal dengan bentuk Straight Bow pada saat kondisi slamming pada setiap sudut kemiringan lunas melalui percobaan model dan Menentukan perbandingan antara sudut kemiringan lunas kapal berbentuk straight bow dengan tekanan maksimum pada saat kondisi slamming melalui percobaan model. pengujian model kapal yang akan digunakan untuk droppingtest yaitu sudut kemiringan tegak lurus 5 derajat, 10 derajat, 15 derajat dan 20 derajat, dengan ketinggian 30 cm diatas air. Perhitungan tekanan dari setiap sudut kemiringan Haluan dilakukan dengan pengujian model yakni droppingtest dengan menggunakan sensor load cell. Nilai tekanan maksimum terjadi pada sudut kemiringan lunas 5 derajat dan tekanan minimum terjadi pada sudut kemiringan lunas 20 derajat. Persentase selisih perbandingan nilai tekanan maksimum pada sudut kemiringan lunas 5 derajat dan nilai tekanan maksimumpada sudut keringan lunas 10 derajat pada sensor 1 yakni 24%, persentase selisih perbandingan nilai tekanan maksimum pada sudut kemiringan lunas 10 derajat dan nilai tekanan maksimum pada sudut keringan lunas 15 derajat pada sensor 1 yakni 47%, dan persentase selisih perbandingan nilai tekanan maksimumpada sudut kemiringan lunas 15 derajat dan nilai tekanan maksimum pada sudut keringan lunas 20 derajat pada sensor 1 yakni 22%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:13
Last Modified: 07 Nov 2024 01:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39078

Actions (login required)

View Item
View Item