Al Ihzam Atjo, Muh. Furqan (2023) IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGENAI PELAYANAN PENGADUAN KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA SATGAS PPKS UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E021181341_skripsi_14-11-2023 cover1.png
Download (174kB) | Preview
E021181341_skripsi_14-11-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
E021181341_skripsi_14-11-2023 dp.pdf
Download (331kB)
E021181341_skripsi_14-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Pada produksi karya ini bertujuan untuk memahami proses produksi iklan terutama pada proses pembuatan iklan layanan masyarakat. Pembuatan iklan layanan masyarakat terkait Pelayanan Pengaduan pada Satgas PPKS Univeristas Hasanuddin yang diharap menjadi informasi yang efektif terhadap civitas dan khususnya korban kekerasan seksual yang ada di Univeristas Hasanuddin. Proses produksi ini dilaksanakan di Kota Makassar selama Maret hingga Juli 2023. Pada produksi iklan ini menggunakan 3 (tiga) tahapan dalam pembuatannya. yaitu, Pra-Produksi, Produksi dan Pasca-Produksi yang umum digunakan setiap prose pembuatan karya. melalui medium iklan layanan masyarakat dengan bentuk motion grafis 2D. Dalam tahapan Pra- produksi menggunakan Teknik observasi langsung untuk melakukan riset sebagai data awal terkait ekeftivitas Satgas PPKS Universitas hasanuddin terhadap memberikan informasi pelayanan pengaduan kepada civitas kampus serta pemilihan gaya desain sesuai target audience. Pada tahapan kedua yaitu, Produksi merupakan tahapan setelah menemukan data yang nantinya diolah menjadi suatu video iklan, ditahap ini, serangkaian produksi dilakukan seperti, proses pengambilan gambar, pembuatan asset desain hingga proses penyuntingan gambar. Terkahir, tahapan Pasca produksi dilakukan concept testing sebelum diterbitkan serta distribusi kepada khalayak sebagai informasi. Selanjutnya, setelah melalui tahap concept testing kemudian dianalisis dengan metode analisis AIDA. Dari hasil analisis AIDA yaitu (1) Attention : melalui menyuguhkan contoh masalah yang dekat dari lingkungan sekitar di awal iklan dirasa sangat tepat untuk membangun perhatian khalayak. (2) Interest : pengemasan informasi yang menarik mempengaruhi khalayak untuk menerima dan memahami pesan tersebut. (3) Desire : dengan memahami alur pelayanan yang dimiliki Satgas PPKS Unhas, khalayak akan dimudahkan untuk melakukan pelaporan pada satgas PPKS. (4) Action : dengan pahamnya akan alur pelayan pengaduan korban kekerasan seksual di Satgas PPKS Unhas, mereka akan mau dan berani untuk datang melaporkan masalah yang dihadapi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 00:43 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 00:43 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39057 |