Chatimah, Andi Annisa Nurul (2024) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Instalasi Hemodialisa di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2024. Skripsi thesis, universitas hasanuddin makassar.
K011201177_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
K011201177_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg
Download (316kB) | Preview
K011201177_skripsi_04-09-2024 dp.pdf
Download (1MB)
K011201177_skripsi_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang : Gagal ginjal kronik (GGK) adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan permanen pada struktur dan fungsi ginjal. Hemodialisis merupakan terapi pengganti ginjal yang dilakukan rutin sehingga membuat pasien lebih dapat melihat, merasakan, serta membandingkan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit dibandingkan pasien lainnya. Tahun 2022, indikator kepuasan pasien di Instalasi Hemodialisa RS Islam Faisal tidak memenuhi standar dan tahun 2023 juga tidak dilakukan penilaian kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan output mutu pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pasien instalasi hemodialisa di Rumah Sakit Islam Faisal Tahun 2024. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini yaitu 30 pasien Instalasi Hemodialisa di RS Islam Faisal dengan metode pengambilan sampel yaitu total sampling. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada responden, kemudian diolah dengan menggunakan analisis uji spearmen dan data disajikan dalam bentuk tabel dan narasi untuk membahas hasil penelitian. Hasil : penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Mutu Pelayanan Kesehatan dimensi hubungan interpersonal (0,002), dimensi manajemen pelayanan kesehatan (0,001), dimensi efisiensi dan kelanjutan pelayanan kesehatan (0,004), dimensi aksesibilitas pelayanan kesehatan (0,026), dimensi lingkungan pelayanan kesehatan (0,001), dimensi struktur pelayanan kesehatan (0,001), dan dimensi pemberian pelayanan (0,001) dengan Kepuasan Pasien Instalasi Hemodialisa di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Kesimpulan : Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Instalasi Hemodialisa di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2024.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Unnamed user with username chandra |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 00:25 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 00:25 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39042 |