Fauziah, Najlah (2024) Penerapan Metode Finite Mixture Partial Least Square dalam Analisis Structural Equation Modeling Pada Data Pendidikan di Indonesia Tahun 2022. Skripsi thesis, universitas hasanuddin makassar.
H051201076_skripsi_06-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
H051201076_skripsi_06-09-2024 cover1.jpg
Download (163kB) | Preview
H051201076_skripsi_06-09-2024 dp.pdf
Download (509kB)
H051201076_skripsi_06-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Pendidikan yang berkualitas merupakan faktor kunci dalam pembangunan negara dan kemajuan masyarakat. Sarana dan prasarana pendidikan, kegiatan peserta didik, partisipasi, serta hasil dan capaian pendidikan merupakan faktor dalam pendidikan yang dinamakan variabel laten. Untuk menganalisis hubungan kompleks antar variabel laten tersebut, diperlukan metode multivariat, yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan estimasi parameter berbasis varians, seperti Partial Least Square (PLS). Dalam PLS-SEM, analisis yang dihasilkan memiliki heterogenitas pada data sehingga dibutuhkan metode Finite Mixture Partial Least Square (FIMIX-PLS) dengan membagi segmen hingga mendapatkan segmen terbaik pada pengelompokan wilayah dalam data berdasarkan kriteria statistik. Tujuan. Penelitian ini bertujuan memperoleh hubungan antar variabel laten yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia Tahun 2022 dan memperoleh pengelompokan wilayah di Indonesia. Metode. Analisis data dilakukan dengan metode PLS-SEM untuk mengetahui hubungan antar variabel laten, kemudian membagi segmen hingga mendapatkan segmen terbaik menggunakan metode FIMIX-PLS. Hasil. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap variabel indikator memiliki hubungan yang kuat terhadap variabel latennya dan dari enam koefisien jalur terbentuk, terdapat dua hubungan antar variabel laten yang signifikan. Dalam pembagian segmen dilakukan sebanyak enam kali yang menghasilkan jumlah segmen terbaik sebanyak dua segmen dengan nilai Akaike’s Information Criterion (AIC) sebesar 133.558, lebih rendah dibandingkan segmen lain dan nilai Normed Entropy (EN) lebih tinggi sebesar 0.960. Kesimpulan. Hubungan antar variabel laten yang signifikan adalah sarana dan prasarana pendidikan (ξ_1 ) terhadap hasil dan capaian pendidikan (η_3 ) serta kegiatan peserta didik (η_1 ) terhadap partisipasi (η_2 ), kemudian pengelompokan wilayah di Indonesia terbentuk menjadi dua segmen dengan 28 provinsi dalam segmen satu dan 6 provinsi dalam segmen dua.
Kata Kunci: Pendidikan, Structural Equation Modeling, Partial Least Square, Heterogenitas, Finite Mixture.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Statistika |
Depositing User: | Unnamed user with username chandra |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 00:08 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 00:08 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39005 |