ANALISIS SENTIMEN DENGAN METODE HIBRID PADA ULASAN PELANGGAN TERHADAP TRANSAKSI PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE


A Suyuti, Muh Zulfadli (2023) ANALISIS SENTIMEN DENGAN METODE HIBRID PADA ULASAN PELANGGAN TERHADAP TRANSAKSI PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D082192011_tesis_27-11-2023 cover1.png]
Preview
Image
D082192011_tesis_27-11-2023 cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of D082192011_tesis_27-11-2023 1-2.pdf] Text
D082192011_tesis_27-11-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D082192011_tesis_27-11-2023 dp.pdf] Text
D082192011_tesis_27-11-2023 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of D082192011_tesis_27-11-2023.pdf] Text
D082192011_tesis_27-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Akurasi ulasan pelanggan sangat penting bagi platform e-commerce untuk membantu pembeli dalam memilih produk berkualitas tinggi dari berbagai pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model analisis sentimen untuk mengevaluasi pendapat pelanggan yang diungkapkan dalam ulasan produk e-commerce. Pendekatan yang diusulkan menggunakan teknik Soft Voting (SV), yang menunjukkan akurasi yang lebih baik dibandingkan metode Sentiment Selector (SS) konvensional. Akurasi model analisis sentimen ditentukan dengan mengumpulkan nilai probabilitas dari tiga klasifikasi (Support Vector Machine (SVM), Random Forest (RF), dan Naive Bayes (NB)) untuk setiap kategori sentimen (positif, netral, negatif). Evaluasi dilakukan menggunakan dataset ulasan produk Tokopedia. Temuan menunjukkan bahwa model Soft Voting (SV) lebih baik daripada pendekatan Sentiment Selector (SS). Model SV yang diusulkan mencapai akurasi, presisi, recall, dan f1-score sebesar 69%, 70%, 69%, dan 69%, secara berturut-turut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Nov 2024 02:14
Last Modified: 04 Nov 2024 02:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38935

Actions (login required)

View Item
View Item