Analisis Pengaruh Kualitas dan Prosedur Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Perilaku Pelayan Publik (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja)


Tana, Jeremy Harry (2023) Analisis Pengaruh Kualitas dan Prosedur Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Perilaku Pelayan Publik (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D071191031_skripsi_07-11-2023 cover1.png]
Preview
Image
D071191031_skripsi_07-11-2023 cover1.png

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of D071191031_skripsi_07-11-2023 1-2.pdf] Text
D071191031_skripsi_07-11-2023 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of D071191031_skripsi_07-11-2023 dp.pdf] Text
D071191031_skripsi_07-11-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D071191031_skripsi_07-11-2023.pdf] Text
D071191031_skripsi_07-11-2023.pdf

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Tana Toraja merupakan instansi pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang melakukan pelayanan publik secara langsung terhadap masyarakat umum. Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat, terdapat beberapa keluhan mengenai pelayananan yang diberikan di Dukcapil Tana Toraja. Untuk itu, sebagai bagian dari instansi pemerintahan yang bergerak di pelayanan publik, maka sangat penting bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Tana Toraja untuk melakukan analisis kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas dan prosedur pelayanan terhadap kepuasan masyarakat melalui perilaku pelayan publik sebagai intervening variable pada pengguna layanan Dukcapil Tana Toraja.
Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan prosedur pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pelayan publik. Kualitas pelayanan dan perilaku pelayan publik memiliki pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat sedangkan prosedur pelayanan tidak berpengaruh secara langsung yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Prosedur pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan dan prosedur pelayanan memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui perilaku pelayan publik sebagai intervening variable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:46
Last Modified: 01 Nov 2024 02:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38899

Actions (login required)

View Item
View Item