PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PENANGANAN ATONIA UTERI MAHASISWA D III KEBIDANAN


Haupea, Siti Murdani (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PENANGANAN ATONIA UTERI MAHASISWA D III KEBIDANAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102221034_tesis_02-09-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102221034_tesis_02-09-2024 cover1.png

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102221034_tesis_02-09-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P102221034_tesis_02-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Siti Murdani Haupea. Pengaruh Pemberian Video Pembelajaran Terhadap Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Penanganan Atonia Uteri Diploma III Kebidanan. (Dibimbing oleh Fatmawati Madya dan Prastawa Budi)
Latar Belakang : Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator keberhasilan kesehatan masyarakat di Indonesia. Salah satu penyebab utama dari hampir 75% kematian ibu di dunia adalah perdarahan,terutama perdarahan pasca persalinan atau yang dikenal dengan Haemorrhagia Postpartum, melihat kompleksnya permasalah tersebut institusi pendidikan kebidanan diharapkan dapat menghasilkan lulusan berkompeten yang mampu melakukan pertolongan pertama kegawatdaruratan yang disebabkan oleh perdarahan yakni atonia uter Tujuan: Menganalisi pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang penanganan atonia utei. Metode: Penelitian ini menggunakan metode (Research and Development) model two grups Pretest-Posttest design. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil: Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa kebidanan semester V STIkes Maluku Husada sebanyak 76 yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi 38 yang diberikan buku panduan ditambah dengan video pembelajaran dan kelompok kontrol 38 diberikan buku panduan penanganan atoni uteri.Hasil uji pengaruh menunjukan terdapat pengaruh pada dua kelompok, namun yang menunjukan peningkatan signifikan adalah kelompok intervensi dengan nilai pengetahuan (p-value 0.000 < 0.05) dan keterampilan (p-value 0.000). Kesimpulan: Pemberian buku panduan ditambah dengan video pembelajaran penanganan atonia uteri berpengaruh menigkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa semester lima D III Kebidanan tentang penanganan atonia uteri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Video, Atonia Uteri, Pengetahuan,Keterampilan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 01 Nov 2024 01:03
Last Modified: 01 Nov 2024 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38786

Actions (login required)

View Item
View Item