THE EFFECTIVENESS OF EMPLOYING YOUTUBE AS SOCIAL MEDIA PLATFORM TO ENHANCE STUDENTS' PROFICIENCY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT IN ENGLISH: A CASE STUDY AT SMPN 47 MAKASSAR


Abubakar, Maharani (2024) THE EFFECTIVENESS OF EMPLOYING YOUTUBE AS SOCIAL MEDIA PLATFORM TO ENHANCE STUDENTS' PROFICIENCY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT IN ENGLISH: A CASE STUDY AT SMPN 47 MAKASSAR. Skripsi thesis, universitas hasanuddin makassar.

[thumbnail of F041201123_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf] Text
F041201123_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of F041201123_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
F041201123_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of F041201123_skripsi_04-09-2024 dp.pdf] Text
F041201123_skripsi_04-09-2024 dp.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of F041201123_skripsi_04-09-2024.pdf] Text
F041201123_skripsi_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Maharani Abubakar. 2024. The Effectiveness of Employing Youtube as Social Media Platform to Enhance Students' Proficiency in Writing Descriptive Text in English: A Case Study at SMPN 47 Makassar. Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin.
Pembimbing: Sitti Sahraeny, S.S, M.AppLing. & Hidayatullah Yunus, S.S., M. Tesol.

Penelitian ini menyelidiki keefektifan penggunaan YouTube sebagai media untuk meningkatkan penguasaan keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VIII di SMPN 47 Makassar. Motivasi untuk penelitian ini bermula dari kesulitan yang dihadapi siswa dalam membuat teks yang baik dan benar yang hanya menggunakan metode pengajaran konvensional dan gagal melibatkan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode studi kasus kuantitatif. Media sosial YouTube digunakan sebagai alat pengajaran utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube efektif dalam membantu siswa memahami konsep dasar menulis teks deskriptif. Siswa melaporkan peningkatan motivasi dan keterlibatan selama pelajaran, mengaitkan hal ini dengan sifat YouTube yang memiliki visualisasi yang jelas dan menarik, yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan menyesuaikan kecepatan belajar mereka sendiri.
Temuan ini menunjukkan bahwa menggunakan YouTube sebagai media untuk pengajaran bahasa dapat menjadi strategi yang berharga untuk meningkatkan keterampilan menulis tata bahasa yang mengintegrasikan musik, khususnya keterampilan menulis teks deskriptif, dalam konteks penulisan deskriptif. Penelitian ini berkontribusi pada bidang pedagogi bahasa yang lebih luas dengan menyoroti potensi YouTube dalam pengajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur, gaya, dan teknik deskripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 31 Oct 2024 02:15
Last Modified: 31 Oct 2024 02:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38762

Actions (login required)

View Item
View Item