Ihyani, Nurul Ilmi (2023) Student Engagement pada Sophomore di Kota Makassar: Grit sebagai Prediktor. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C021181342_skripsi_12-12-2023 cover1.png
Download (125kB) | Preview
C021181342_skripsi_12-12-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
C021181342_skripsi_12-12-2023 dp.pdf
Download (1MB)
C021181342_skripsi_12-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Pendidikan tinggi memainkan peran besar atas peningkatan kesejahteraan individu. Karenanya, penting bagi mahasiswa untuk terlibat aktif selama proses pendidikannya. Student engagement adalah keterlibatan mahasiswa secara behavioral, emotional, dan cognitive terhadap pendidikannya. Terdapat berbagai tantangan untuk memiliki student engagement, terutama bagi mahasiswa tahun kedua yang berada pada fase rentan. Oleh karena itu, banyak penelitian berusaha untuk mengungkap faktor yang dapat meningkatkan student engagement. Peran faktor kontekstual terhadap peningkatan student engagement telah banyak dibuktikan, sementara faktor yang bersifat personal kurang mendapatkan perhatian. Grit merupakan sebuah faktor personal yang dikembangkan sebagai variabel yang dapat memprediksi kesuksesan individu di dalam berbagai bidang, termasuk kesuksesan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan grit dalam memprediksi student engagement pada mahasiswa tahun kedua di Kota Makassar, dengan sampel penelitian sebanyak 175 orang yang diperoleh melalui purposive sampling. Analisis regresi sederhana dilakukan dan menunjukkan bahwa grit memiliki kontribusi positif signifikan (p=0,000) terhadap student engagement. Sementara itu, 33,9% dari variasi student engagement dapat dijelaskan oleh grit.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Engagement, Grit, Mahasiswa Tahun Kedua, Sophomore |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 05:45 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 05:45 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38686 |