ANALISIS STABILITAS KAPAL PURSE SEINE AKIBAT REDESAIN PALKA IKAN PADA PERTIMBANGAN KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN SINJAI


Fatwasari, Fina (2023) ANALISIS STABILITAS KAPAL PURSE SEINE AKIBAT REDESAIN PALKA IKAN PADA PERTIMBANGAN KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN SINJAI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of L012201004_tesis_20-03-2023 cover1.png]
Preview
Image
L012201004_tesis_20-03-2023 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of L012201004_tesis_20-03-2023 1-2.pdf] Text
L012201004_tesis_20-03-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of L012201004_tesis_20-03-2023 dp.pdf] Text
L012201004_tesis_20-03-2023 dp.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of L012201004_tesis_20-03-2023.pdf] Text
L012201004_tesis_20-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Stabilitas merupakan indikator penting dalam sebuah pembangunan dan pengoperasian kapal, khususnya pada kapal purse seine . Di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan diperoleh informasi terkait desain kapal purse seine yang berada di Kabupaten Sinjai. Kapal purse seine yang berada di Kabupaten Sinjai terdapat palka ikan yang berada di atas deck kapal, hal itu dilakukan karena rendahnya draft kapal. Fenomena tersebut mengartikan bahwa stabilitas kapal yang ada di kabupaten sinjai masih kurang diperhitungkan. Penelitian ini bertujuan untuk meredesain kapal purse seine di Sinjai yang memiliki bangunan palka di atas deck kapal tanpa mengubah bentuk haluan, buritan serta lambung kapal purse seine tersebut agar kearifan lokal mengenai bentuk haluan dan buritan tetap dipertahankan dan memiliki stabilitas yang lebih baik dalam dua kondisi muatan yakni muatan kosong dan muatan penuh kapal. Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-juni 2022 di Kabupaten Sinjai. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni studi kasus dengan mengambil data ukuran kapal yang sedang dok, kemudian dikelompokkan dalam tiga bagian ukuran yakni, ukuran kecil 18.30 m, sedang (21.19), dan besar (24.25 m). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai KG kapal sebelum redesain memiliki nilia yang lebih besar dibandingkan dengan kapal setelah redesain yang artinya kapal purse seine setelah redesain memilki nilai stabilitas yang lebih baik. Hal tersebut sesuai dengan range stability dari kurva GZ yang diperoleh. Terdapat perbedaan luas area di bawah kurva yang signifikan pada kapal purse seine setelah dengan kapal purse seine sebelum redesain. Kapal purse seine setelah redesain memilki luas area kurva yang lebih lebar dibandingkan dengan kapal purse seine sebelum redesain. Semakin luas area di bawah kurva GZ maka periode oleng kapal akan semakin kecil atau lambat, sehingga kapal memiliki kemampuan pengembali yang lebih besar. Dai hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa muatan yang berada di atas dek kapal akan berpangaruh buruk terhadap stabilitas kapal, oleh karena itu stabilitas kapal setelah redesain lebih baik dibandigkan dengan kapal sebelum redesain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 31 Oct 2024 00:37
Last Modified: 31 Oct 2024 00:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38622

Actions (login required)

View Item
View Item