Analisis Tahanan Kapal Purse Seine Akibat Redesain Palka Ikan pada Pertimbangan Kearifan Lokal di Kabupaten Sinjai


Pratiwi, Nurayu (2023) Analisis Tahanan Kapal Purse Seine Akibat Redesain Palka Ikan pada Pertimbangan Kearifan Lokal di Kabupaten Sinjai. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of L012201010_tesis_20-03-2023 cover1.png]
Preview
Image
L012201010_tesis_20-03-2023 cover1.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of L012201010_tesis_20-03-2023 1-2.pdf] Text
L012201010_tesis_20-03-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of L012201010_tesis_20-03-2023 dp.pdf] Text
L012201010_tesis_20-03-2023 dp.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of L012201010_tesis_20-03-2023.pdf] Text
L012201010_tesis_20-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Pengembangan dan perencana kapal perikanan yang baik harus mampu memperkirakan tahanan kapal saat melakukan operasi penangkapan. desain kapal perikanan tradisional dengan pendekatan keilmuan pada aspek hidrodinamika tahanan kapal dilakukan guna dapat menjamin keselamatan kapal perikanan tradisional. Informasi tahanan akan digunakan sebagai acuan penentuan mesin utama dan bantu di mana mesin terpilih harus cocok dengan kebutuhan gaya dorong pada kecepatan tertentu. Di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan diperoleh informasi terkait desain kapal purse seine, terdapat palka ikan yang berada di atas deck kapal. hal itu dilakukan karena rendahnya draft kapal, sehingga berdampak pada tahanan kapal yang kurang di perhitungkan. Penelitian ini akan meredesain kapal purse seine di Sinjai yang memiliki bangunan palka di atas deck kapal tanpa mengubah bentuk haluan dan buritan kapal purse seine agar memiliki nilai tahanan yang lebih baik dalam dua kondisi muatan yakni muatan kosong dan muatan penuh kapal. Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Juni 2022 di Kabupaten Sinjai. Metode pengambilan sampel yang diguanakan adalah metode sampling secara sengaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sebelum dan setelah redesain tidak mengalami perubahan signifikan atau hasil yang didapatkan sama dengan menggunakan analisis maxsurf resistance, namun untuk sampel setelah dilakukan redesain lebih baik karena palka yang di atas dek yang mengambil Sebagian wilayah diatas dek telah di pindahkan kebawah untuk mengisi kekosongan di bawah dek serta memberi ruang yang luas diatas dek agar para ABK leluasa dalam menjalankan tugas saat operasi penangkapan ikan dan juga memungkinkan nilai stabilitas yang di hasilkan lebih baik dibandingkan dengan kapal sebelum redesain. Dengan hasil simulasi trim kapal 2 dan 3 setelah redesain mengalami trim by the head dapat meningkatkan nilai resistance kapal saat kondisi muatan kosong sedangkan trim by the strern saat kondisi muatan penuh, sedangkan kapal 1 mengalami trim by the strern

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 31 Oct 2024 00:33
Last Modified: 31 Oct 2024 00:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38618

Actions (login required)

View Item
View Item