Zulkarnain, Nanang (2023) Studi Mixed-Method tentang Analisis Pengaruh antara Kejenuhan Akademik dengan Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
C012212016_tesis_06-12-2023 cover1.png
Download (147kB) | Preview
C012212016_tesis_06-12-2023 1-2.pdf
Download (431kB)
C012212016_tesis_06-12-2023 dp.pdf
Download (245kB)
C012212016_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (974kB)
Abstract (Abstrak)
Pendahuluan: Pendidikan kedokteran sering dianggap sebagai lingkungan belajar yang berdampak buruk pada kinerja akademik, kesehatan fisik, dan kesejahteraan psikologis peserta didik. Kejenuhan akademik dianggap memainkan peran besar dalam kesehatan mental seseorang. Di sisi lain, kecemasan yang berlebihan dapat berdampak pada individu, komunitas, dan profesional.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran. Tahap pertama adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain cross-sectional untuk mengelola hasil dari instrumen School Burnout Inventory dan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) kepada 195 mahasiswa kemudian dilanjutkan dengan tahap penelitian kualitatif menggunakan metode focus group discussion terhadap enam orang partisipan.
Hasil: Pada tahap kuantitatif didapatkan distribusi sampel (n=195) berdasarkan jenis kelamin mayoritas adalah perempuan sebanyak 162 orang (83%), berdasarkan usia mayoritas adalah 19-23 tahun (78%), dan berdasarkan angkatan mayoritas dari tahun pertama sebanyak 75 orang (38%). Partisipan yang mengalami kejenuhan sedang merupakan hasil yang terbanyak yaitu 140 orang (71%) dan kecemasan sedang yaitu sebanyak 130 orang (63%). Didapatkan hubungan antara kejenuhan akademik dengan tingkat kecemasan menggunakan uji pearson pada level 0,01. Pada tahap kualitatif ditemukan hasil dari karakteristik dan faktor-faktor kejenuhan akademik dan hasil dari karakteristik dan faktor-faktor timbulnya kecemasan.
Kesimpulan: Terbukti adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kejenuhan akademik dan kecemasan pada mahasiswa fakultas kedokteran dengan karakteristik kejenuhan akademik seperti kehilangan fokus, semangat, motivasi, dengan faktor yang paling mempengaruhi adalah faktor spiritual dan konten kuliah. Sedangkan karakteristik kecemasan sebagian besar berpendapat yaitu kekhawatiran akan segala hal dengan faktor yang paling berpengaruh adalah lingkungan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 00:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 00:21 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38602 |