Satriani, Satriani (2024) Analisis Faktor yang berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Ojek Online di Kota Makassar Tahun 2024 = Analysis Of Factors Associated With The Incidence Of Traffic Accidents Online Motorcycle Taxi Drivers In Makassar City In 2024. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/38599/1.hassmallThumbnailVersion/K032222003_tesis_30-08-2024%20cover1.jpg)

K032222003_tesis_30-08-2024 cover1.jpg
Download (407kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
K032222003_tesis_30-08-2024 bab 1-2'.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
K032222003_tesis_30-08-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
K032222003_tesis_30-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Seiring berkembangnya teknologi khususnya di bidang transportasi, membuat beberapa perusahaan beramai-ramai menggunakan peluang ini untuk dijadikan bisnis baru, yaitu transportasi berbasis online. Tingginya angka pertumbuhan kendaraan dari tahun ke tahun juga menimbulkan banyak kejadian kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas sendiri disebabkan dari berbagai faktor, baik dari faktor pengemudi, faktor lingkungan, maupun dari faktor kendaraan. Namun faktor yang paling berpengaruh besar adalah kesalahan dari manusia itu sendiri.Tujuan. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor risiko kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara ojek online di kota makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah metode dengan Pendekatan Cross Sectional Study. Perhitungan besar sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling, jumlah sampel sebanyak 96 sampel. Metode. Desain penelitian yang digunakan adalah metode dengan Pendekatan Cross Sectional Study. Perhitungan besar sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling, jumlah sampel sebanyak 96 sampel. Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan kelelahan (ρ=0,001), kualitas tidur (ρ=0,021), perilaku mengemudi (ρ=0,000), beban kerja (ρ=0,012), kondisi kendaraan (ρ=0,013) dan tidak ada hubungan lama kerja (ρ=0,486) dan kondisi jalan (ρ=0,208) dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara ojek online di kota makassar. Variabel perilaku mengemudi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap kejadian kecelakaan lalu lintas dengan nilai Exp(B)/OR sebesar 14,391. Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara kelelahan, kualitas tidur, perilaku mengemudi, beban kerja, dan kondisi kendaraan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara ojek online. Tidak ditemukan hubungan antara lama kerja dan kondisi jalan dengan kejadian kecelakaan. Perilaku mengemudi menjadi faktor risiko yang paling berpengaruh terhadap kejadian kecelakaan lalu lintas pengendara ojek online di kota Makassar
Kata kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Perilaku mengemudi, Kondisi Jalan, Ojek Online
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan Dan Kesehatan Kerja |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:28 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:28 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38599 |