Analisis Determinan Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum 'Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang = Analysis of The Determinants of Patient Loyalty in The Inpatient Installation at The General Hospital 'Aisyiyah St. Khadijah Pinrang District


Rizal, Dewi Alya Anugrah (2024) Analisis Determinan Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum 'Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang = Analysis of The Determinants of Patient Loyalty in The Inpatient Installation at The General Hospital 'Aisyiyah St. Khadijah Pinrang District. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052221019_tesis_03-09-2024 cover1.jpg

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052221019_tesis_03-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052221019_tesis_03-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052221019_tesis_03-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Loyalitas adalah perilaku pembelian ulang semata-mata menyangkut pembelian merek tertentu yang sama secara berulang kali. Pasien yang merasa terpuaskan, dapat melakukan tindakan berulang sebagai penggunaan jasa secara berulang pada waktu yang akan datang dan memberitahukan pada orang lain atas kinerja jasa yang dirasakan. Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui determinan loyalitas pasien instalasi rawat inap di Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang. Metode. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menerapkan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu pasien rawat inap sebanyak 90 orang yang diperoleh dengan metode accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan melalui uji Chi-Square dan uji Regresi Logistik. Hasil. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan dalam hal kehandalan (p = 0,028), daya tanggap (p = 0,012), jaminan (p = 0,000), empati (p = 0,032), bukti fisik (p = 0,018), citra rumah sakit (p = 0,001), hambatan pindah (p = 0,020), dan jarak tempat tinggal (p = 0,032) terhadap loyalitas pasien instalasi rawat inap di Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang. Hasil uji Regresi Logistik menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam hal jaminan memiliki pengaruh 25,274 kali lipat lebih besar dalam menentukan loyalitas pasien instalasi rawat inap di Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang. Kesimpulan. Kualitas pelayanan dalam hal kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik, citra rumah sakit, hambatan pindah, dan jarak tempat tinggal memiliki pengaruh terhadap loyalitas pasien instalasi rawat inap di Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang. Kualitas pelayanan dalam hal jaminan merupakan variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap loyalitas pasien.

Keywords : loyalitas; kualitas pelayanan; citra rumah sakit; hambatan pindah; jarak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Loyalty, Service quality, Hospital image, Moving bamiers, Distance.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Oct 2024 06:35
Last Modified: 30 Oct 2024 06:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38551

Actions (login required)

View Item
View Item