EVALUASI IDENTITAS PROFESIONAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN = PROFESSIONAL IDENTITY EVALUATION IN MEDICAL STUDENT HASANUDDIN UNIVERSITY


Soraya Riu, Deviana (2023) EVALUASI IDENTITAS PROFESIONAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN = PROFESSIONAL IDENTITY EVALUATION IN MEDICAL STUDENT HASANUDDIN UNIVERSITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C012212006_tesis_06-12-2023 cover1.png

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C012212006_tesis_06-12-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C012212006_tesis_06-12-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C012212006_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2025.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Identitas profesional (IP) sangat penting dalam pendidikan kedokteran untuk mempersiapkan mahasiswa untuk kolaborasi interprofessional. Penelitian ini menganalisis identitas profesional mahasiswa kedokteran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Metode: Mahasiswa S1 tahun keempat dan mahasiswa profesi tahun kedua berpartisipasi dalam studi mixed-methods dengan explanatory sequential. Identitas profesional diukur dengan menggunakan Developing Scale. Tujuan dari diskusi kelompok terarah adalah untuk mengeksplorasi persepsi siswa terkait identitas profesional
Hasil: Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia. Total responden sebanyak 492 orang, terdiri dari 203 mahasiswa S1 dan 288 mahasiswa tahun kedua tahap profesi. Kemampuan pengendalian diri, dipengaruhi oleh usia, tingkat pendidikan, dan orang tua, adalah seorang dokter dan belajar di fakultas kedokteran atas kemauan sendiri. Usia, orang tua bukan tenaga
kesehatan, dan tingkat pendidikan yang tinggi mempengaruhi kesadaran dan refleksi sebagai dokter. Pekerjaan orang tua bukan dari tenaga kesehatan menunjukkan skor tanggung jawab sosial yang tinggi dan skor integritas terdapat pada siswa yang hidup mandiri. Skor total berbeda untuk usia, pekerjaan orang tua, dan tingkat pendidikan. Analisis tematik menunjukkan bahwa persepsi identitas profesional mahasiswa S1 adalah integritas, dedikasi, dan kompetensi, sedangkan pada kepaniteraan, mahasiswa adalah integritas, kompetensi dedikasi dan profesional.Kesimpulan: Usia dewasa, kepaniteraan, dan pekerjaan orang tua merupakan faktor yang mempengaruhi IP . Persepsi IP berubah dari hanya memahami hal-hal yang diperlukan untuk menjadi seorang dokter dari seorang mahasiswa sarjana menjadi seorang dokter sebagai seorang profesional sebagai mahasiswa kepaniteraan, dari tahap imperial ke tahap interpersonal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:24
Last Modified: 30 Oct 2024 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38545

Actions (login required)

View Item
View Item