WISATA ESPORTS DI KOTA JAKARTA


Amriati, Ria (2023) WISATA ESPORTS DI KOTA JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D051171016_skripsi_12-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
D051171016_skripsi_12-12-2023 cover1.png

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of D051171016_skripsi_12-12-2023 1-2.pdf] Text
D051171016_skripsi_12-12-2023 1-2.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of D051171016_skripsi_12-12-2023 dp.pdf] Text
D051171016_skripsi_12-12-2023 dp.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of D051171016_skripsi_12-12-2023.pdf] Text
D051171016_skripsi_12-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract (Abstrak)

Esports telah diakui sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia melalui Rapat Kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat tahun 2020. Sejumlah prestasi dari cabang olahraga ini telah berhasil mengharumkan nama Indonesia pada beberapa kejuaraan internasional, seperti Asian Games 2018 dan Sea Games 2019. Namun penyelenggaraan kegiatan esports masih kurang didukung oleh wadah permanen yang dapat melangsungkan kegiatan esports secara khusus, sehingga banyak kegiatan esports yang kemudian diselenggarakan di pusat perbelanjaan atau exhibition hall. Selain itu, esports sebagai bidang olahraga yang berangkat dari dunia gaming masih sering mendapat sentimen negatif. Hal ini dikarenakan penggunaan game sebagai bidang kompetitif utama dinilai dapat menyebabkan beberapa dampak buruk, seperti kecanduan dan gangguan kesehatan, bahkan dinilai jauh dari nilai olahraga. Untuk itu, diperlukan adanya perubahan persepsi terhadap esports yang tidak hanya berfokus pada permainan game, tapi diimbangi juga dengan aktivitas olahraga. Untuk mewujudkan hal tersebut, perancangan Wisata Esports di Kota Jakarta menggunakan metode desain hibrid, di mana fungsi gaming dan fungsi sports dari esports akan digabungkan. Dengan menggunakan metode desain hibrid dalam perancangan ini, diharapkan dapat terwujud suatu wadah khusus dalam penyelenggaraan kegiatan esports yang selain dapat mewadahi kebutuhan esports ke depannya, juga dapat memberikan persepsi berbeda dan dampak positif bagi perkembangan ekosistem esports, sekaligus menjadi identitas pada daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 29 Oct 2024 00:57
Last Modified: 29 Oct 2024 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38434

Actions (login required)

View Item
View Item