Tudu, Risal (2024) STRATEGI BISNIS KEDAI KOPI DG. ANAS DALAM MENJAGA EKSISTENSI USAHA UMKM DI KOTA MAKASSAR = COFFEE SHOP BUSINESS STRATEGY Dg. ANAS IN MAINTAINING THE EXISTENCE OF UMKM BUSINESSES IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012222105_tesis_27-08-2024 cover1.jpg
Download (233kB) | Preview
A012222105_tesis_27-08-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
A012222105_tesis_27-08-2024 dp.pdf
Download (167kB)
A012222105_tesis_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
RISAL TUDU, Strategi Bisnis Kedai Kopi Dg. Anas dalam Menjaga Eksistensi Usaha UMKM di Kota Makassar. Dibimbing oleh Maat Pono dan H. Muhamamd Toaha. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana strategi bisnis yang diterapkan pada usaha Kedai Kopi Dg. Anas, dan bagaimana strategi bisnis kedai kopi Dg. Anas dalam menjaga eksistensi usaha UMKM di Kota Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang diterapkan pada usaha Kedai Kopi Dg. Anas, serta untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi bisnis kedai kopi Dg. Anas dalam menjaga eksistensi usaha UMKM di Kota Makassar.Penelitian ini bersifat survey dengan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah karyawan kedai kopi dan pengunjung dalam kurun waktu sebulan, sehingga sampel ditetapkan sebanyak 125 orang responden dengan metode full sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan QSPM.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis pada usaha kedai kopi Dg. Anas telah diterapkan dengan baik dengan menjaga kualitas produk yang disjaikan kepada konsumen sebagai strategi untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan dari usaha bisnis kedai kopi. Hasil analisis SWOT untuk matriks EFE diperoleh skor 3.45 dan matriks IFE dengan skor 3.85, sehingga hasil dari matriks IE berada pada kuadran I yaitu Grow and Build (tumbuh dan berkembang) yang berarti bahwa kedai kopi Dg. Anas harus bisa menggunakan kekuatan internal yang dimiliki dalam meraih peluang, terus berupaya memperkecil kelemahan yang ada dengan memanfaatkan peluang, menghindari ancaman secara eksternal dan menerapkan taktik bisnis untuk bisa terus eksis menjalankan usahanya. Hasil dari matriks QSPM sebagia tahap pengambilan keputusan atas strategi bisnis kedai kopi Dg. Anas dalam menjaga eksistensi usaha UMKM diperoleh peringkat pertama yaitu kedai kopi Dg. Anas dituntut menerapkan inovasi bisnis untuk bisa menghadapi persaingan bisnis dengan jenis usaha bisnis yang sama, dalam hal ini maraknya kedai kopi atau warkop di Kota Makassar dengan perolehan skor TAS sebesar 0.57.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, Eksistensi Usaha UMKM, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Strategy, UMKM Business Existence, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 05:56 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 05:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38231 |