Wildan, Muhammad Farid (2024) ANALISIS SEBARAN PERGERAKAN KAMPUS FAKULTAS TEKNIK UNHAS GOWA BERBASIS APLIKASI VISUM = ANALYSIS OF TRIP DISTRIBUTION ON THE FACULTY OF ENGINEERING UNHAS GOWA BASED ON THE VISUM APPLICATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/38202/1.hassmallThumbnailVersion/D011201003_skripsi_09-09-2024%20cover1.png)

D011201003_skripsi_09-09-2024 cover1.png
Download (161kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201003_skripsi_09-09-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201003_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201003_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2026.
Download (9MB)
Abstract (Abstrak)
Peningkatan populasi kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa menyebabkan naiknya jumlah pergerakan harian yang terjadi di kampus tersebut. Peningkatan jumlah pergerakan harian ini tentunya menyebabkan dampak terhadap kondisi lalu lintas jaringan jalan yang ada di sekitar kampus. Oleh karena itu, diperlukan kajian terhadap lalu lintas yang terjadi di kampus Fakultas Teknis Unhas Gowa. Di samping itu, kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa sedang dalam masa pengembangan sehingga diperlukan suatu perencanaan transportasi yang matang. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran pergerakan yang terjadi di Fakultas Teknik Unhas Gowa berbasis aplikasi Visum. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan survei volume lalu lintas di jaringan jalan Fakultas Teknik Unhas Gowa. Data ini akan menghasilkan matriks asal tujuan yang terjadi di dalam kampus tiap jamnya dari pukul 07.00 hingga 18.00. Setelah itu, dilakukan pemodelan menggunakan aplikasi Visum untuk menghasilkan matriks asal tujuan model lalu memvalidasi matriks tersebut menggunakan coincidence ratio. Model sebaran pergerakan yang digunakan merupakan model gravity. Volume lalu lintas hasil survei digunakan untuk mengkalibrasi matriks asal tujuan model sehingga menghasilkan sebaran pergerakan yang mirip dengan kondisi nyata di lapangan. Berdasarkan hasil permodelan di Visum, sebaran pergerakan yang telah dikalibrasi pada puncak pagi menghasilkan 98 kendaraan/jam untuk moda mobil, 842 kendaraan/jam untuk moda sepeda motor, dan 59 orang/jam untuk moda jalan kaki. Pada puncak siang menghasilkan 108 kendaraan/jam untuk moda mobil, 866 kendaraan/jam untuk moda sepeda motor, dan 69 orang/jam untuk moda jalan kaki. Pada puncak sore menghasilkan 104 kendaraan/jam untuk moda mobil, 823 kendaraan/jam untuk moda sepeda motor, dan 31 orang/jam untuk moda jalan kaki. Zona “Gerbang” menjadi zona asal dan tujuan terbanyak selama periode 07.00 hingga 18.00.
Keywords : Sebaran Pergerakan, Visum, Fakultas Teknik Unhas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trip Distribution, Visum, Faculty of Engineering Unhas. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 05:37 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 05:37 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38202 |