ANALISIS EKSPLANATORI HARAPAN MAHASISWA DAN FAKTUAL PERFORMA DOSEN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN BERDASARKAN 12 PERANAN DOSEN


Hastuti H., Triani (2023) ANALISIS EKSPLANATORI HARAPAN MAHASISWA DAN FAKTUAL PERFORMA DOSEN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN BERDASARKAN 12 PERANAN DOSEN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of C012212002_tesis_06-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
C012212002_tesis_06-12-2023 cover1.png

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of C012212002_tesis_06-12-2023 1-2.pdf] Text
C012212002_tesis_06-12-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of C012212002_tesis_06-12-2023 dp.pdf] Text
C012212002_tesis_06-12-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of C012212002_tesis_06-12-2023.pdf] Text
C012212002_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Dosen kedokteran memiliki peranan lain dalam proses pembelajaran, pengajaran dan asesmen, selain sebagai penyedia informasi. Penelitian ini mengkaji seberapa baik dosen memenuhi harapan mahasiswanya berdasarkan 12 peran dosen. Penelitian ini diawali dengan penelitian kuantitatif, 593 mahasiswa Kedokteran fase akademik Universitas Hasanuddin mengisi kuesioner untuk mengevaluasi harapan mahasiswa tentang kriteria peran paling penting dosen dan performa dosen saat berinteraksi dengan mahasiswa. Penelitian ini berlanjut dengan penelitian kualitatif melalui Focus Group Discussion dengan 12 peserta untuk mengumpulkan informasi tentang harapan mahasiswa dan kriteria dosen yang berkualitas. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kriteria dosen pengajar di kelas (mean 4,80±0,463), instruktur CSL atau praktikum (4,75±0,486), dan penyedia media ajar (4,73±0,529) merupakan harapan mahasiswa yang paling penting berdasarkan 12 peranan dosen. Tes Friedman mengungkapkan perbedaan antara harapan mahasiswa dan performa dosen. Hasil analisis tematik memperlihatkan mahasiswa mengharapkan dosen berkualitas yang disiplin, sistematis, berpengetahuan luas, terampil, berpenampilan menarik, pandai membangun relasi dan komunikasi, efisien dalam menciptakan media belajar, teladan, dan mahir dalam menggunakan teknologi. Mahasiswa mengharapkan implementasi 12 peran dosen secara optimal. Sebagai kesimpulan, Fakultas harus meningkatkan performa dosen, fasilitas, dan kurikulum untuk mendukung pelaksanaan 12 peranan dosen. Penelitian ini dapat berkontribusi pada evaluasi performa dosen untuk peningkatan mutu pendidikan sarjana kedokteran terutama pada FK UNHAS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 24 Oct 2024 05:32
Last Modified: 24 Oct 2024 05:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38189

Actions (login required)

View Item
View Item