PERSEPSI DOSEN TENTANG PERANNYA SEBAGAI TUTOR DALAM KEGIATAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FASE AKADEMIK PENDIDIKAN KEDOKTERAN


Sunarno, Isharyah Surjandari Kambaliretno (2023) PERSEPSI DOSEN TENTANG PERANNYA SEBAGAI TUTOR DALAM KEGIATAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FASE AKADEMIK PENDIDIKAN KEDOKTERAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
C012212001_tesis_06-12-2023 cover1.png

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023 1-2.pdf] Text
C012212001_tesis_06-12-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023 dp.pdf] Text
C012212001_tesis_06-12-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023.pdf] Text
C012212001_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dosen tentang perannya sebagai tutor di kegiatan Problem-Based Learning dalam fase akademik pendidikan kedokteran, berdasarkan durasi keterlibatan sebagai tutor.
Metode: Penelitian observasional prospektif dengan desain explanatory sequential mixed-method dilakukan di ProDi Sarjana Kedokteran FKUH, mulai 13 Februari 2023 hingga 02 Mei 2023. Subyek penelitian dibagi dalam: a) kelompok Novice dan b) kelompok Expert. Data kuantitatif diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 6 kategori dengan total 35 pertanyaan, dalam aplikasi Google form. Uji statistik dilakukan dengan independent t-test untuk membandingkan persepsi dosen, dengan nilai bermakna p < 0,05. Kemudian dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk data kualitatif, yang dianalisis dengan analisis tematik. Tahap terakhir adalah mengintegrasi data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil: Tujuh konsep berbeda bermakna dan ditemukan delapan persepsi positif dan duabelas persepsi negatif. Sebagian besar tutor setuju dengan konsep-konsep PBL, namun kelompok Expert tidak memiliki persepsi positif. Hasil integrasi data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan beberapa konsep PBL memerlukan tinjauan.
Kesimpulan: Mayoritas tutor memiliki persepsi positif terhadap perannya dalam kegiatan PBL dengan pendapat lebih handal dan beralasan kuat dari kelompok expert.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Problem-based learning, Undergraduate Medical education, Focus Group Discussion
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:00
Last Modified: 23 Oct 2024 01:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38175

Actions (login required)

View Item
View Item