Sunarno, Isharyah Surjandari Kambaliretno (2023) PERSEPSI DOSEN TENTANG PERANNYA SEBAGAI TUTOR DALAM KEGIATAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FASE AKADEMIK PENDIDIKAN KEDOKTERAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023 cover1.png]](/38175/1.hassmallThumbnailVersion/C012212001_tesis_06-12-2023%20cover1.png)

C012212001_tesis_06-12-2023 cover1.png
Download (144kB) | Preview
![[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
C012212001_tesis_06-12-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
C012212001_tesis_06-12-2023 dp.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of C012212001_tesis_06-12-2023.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
C012212001_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Pendahuluan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dosen tentang perannya sebagai tutor di kegiatan Problem-Based Learning dalam fase akademik pendidikan kedokteran, berdasarkan durasi keterlibatan sebagai tutor.
Metode: Penelitian observasional prospektif dengan desain explanatory sequential mixed-method dilakukan di ProDi Sarjana Kedokteran FKUH, mulai 13 Februari 2023 hingga 02 Mei 2023. Subyek penelitian dibagi dalam: a) kelompok Novice dan b) kelompok Expert. Data kuantitatif diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 6 kategori dengan total 35 pertanyaan, dalam aplikasi Google form. Uji statistik dilakukan dengan independent t-test untuk membandingkan persepsi dosen, dengan nilai bermakna p < 0,05. Kemudian dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk data kualitatif, yang dianalisis dengan analisis tematik. Tahap terakhir adalah mengintegrasi data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil: Tujuh konsep berbeda bermakna dan ditemukan delapan persepsi positif dan duabelas persepsi negatif. Sebagian besar tutor setuju dengan konsep-konsep PBL, namun kelompok Expert tidak memiliki persepsi positif. Hasil integrasi data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan beberapa konsep PBL memerlukan tinjauan.
Kesimpulan: Mayoritas tutor memiliki persepsi positif terhadap perannya dalam kegiatan PBL dengan pendapat lebih handal dan beralasan kuat dari kelompok expert.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-based learning, Undergraduate Medical education, Focus Group Discussion |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:00 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38175 |