PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CAILE KELURAHAN CAILE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA


rayhan, Muh. (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CAILE KELURAHAN CAILE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of C011201077_skripsi_15-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
C011201077_skripsi_15-12-2023 cover1.png

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of C011201077_skripsi_15-12-2023 1-2.pdf] Text
C011201077_skripsi_15-12-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of C011201077_skripsi_15-12-2023 dp.pdf] Text
C011201077_skripsi_15-12-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of C011201077_skripsi_15-12-2023.pdf] Text
C011201077_skripsi_15-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Pemerintah sebagai salah satu penyedia pelayanan, dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar kepuasan masyarakat yang dilayani terpenuhi. Dengan demikian pelayanan diarahkan pada perspektif kepentingan masyarakat luas. pelaksanaan kegiatan pemerintahan di daerah mengacu kepada Standar Pelayanan Minimum (SPM) akan memberikan jaminan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang baik dari pemerintah sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan : penelitian ini adalah untuk diketahuinya persepsi masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas caile. Metode penelitian : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif dengan desain penelitian berupa metode cross sectional. Alat ukur yang digunakan adalah Kuesioner. Hasil : Sebanyak 107 responden telah menjawab terdiri dari Laki-Laki 26, Perempuan 81, untuk kelompok umur yang paling banyak umur 48-54 tahun berjumlah 26, untuk Pendidikan Terakhir yang paling banyak yaitu persentase, SMA/SMK yaitu 55 orang responden ,dan untuk pekerjaan yang paling banyak yaitu yang bekerja sebagai IRT yaitu 61 orang, persepsi masyarakat tentang mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Caile Kab. Bulukumba dapat diketahui bahwa mutu pelayanan kesehatan pada komponen atau aspek Reliabilitas (reliability) di Puskesmas Caile yang berpersepsi Baik sebanyak 107 orang dan yang berpersepsi Cukup sebanyak 0 orang, sedangkan yang berpersepsi Kurang sebanyak 0 orang, Aspek Responsiveness berpersepsi Baik sebanyak 107 orang dan yang berpersepsi Cukup sebanyak 0 orang , sedangan yang berpersepsi Kurang sebanyak 0 orang, Aspek Assurance berpersepsi Baik sebanyak 107 orang dan yang berpersepsi Cukup sebanyak 0 orang, sedangkan yang berpersepsi Kurang sebanyak 0 orang, Aspek Empathy berpersepsi Baik sebanyak 107 orang dan yang berpersepsi Cukup sebanyak 0 orang, sedangkan yang berpersepsi Kurang sebanyak 0 orang, Dan Aspek Tangible berpersepsi Baik sebanyak 107 orang dan yang berpersepsi Cukup sebanyak 0 orang, sedangkan yang berpersepsi Kurang sebanyak 0 orang.Kesimpulan: Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Caile telah Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:35
Last Modified: 24 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38038

Actions (login required)

View Item
View Item