DETERMINAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI PADA IBU PASCA PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOLONODALE KABUPATEN MOROWALI UTARA = DETERMINANTS OF THE USE OF CONTRACEPTIVE DEVICES IN POST PARTICULAR WOMEN IN THE WORKING AREA OF THE KOLONODALE HEALTH CENTER, NORTH MOROWALI DISTRICT


Astiani, Alda (2024) DETERMINAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI PADA IBU PASCA PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOLONODALE KABUPATEN MOROWALI UTARA = DETERMINANTS OF THE USE OF CONTRACEPTIVE DEVICES IN POST PARTICULAR WOMEN IN THE WORKING AREA OF THE KOLONODALE HEALTH CENTER, NORTH MOROWALI DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012212019_tesis_16-07-2024 cover1.png

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012212019_tesis_16-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012212019_tesis_16-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012212019_tesis_16-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 September 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Penggunaan alat kontrasepsi adalah sebagai perencanaan untuk mengatur banyak anak atau jarak kehamilan sehingga tidak akan menimbulkan kerugian akibat kehamilan yang tidak direncanakan. Prevalensi cakupan KB Pasca Persalinan di Kabupaten Morowali Utara yaitu 39,1% pada tahun 2021 dan di wilayah kerja Puskesmas Kolonodale pada tahun 2022 sebanyak 3,6%. Tujuan. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui faktor Determinan Penggunaan Alat Kontrasepsi pada Ibu Pasca Persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Kolonodale Kabupaten Morowali Utara. Metode. Penelitian ini dengan desain study Case Control. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 78 responden di wilayah kerja Puskesmas Kolonodale, dengan tekhnik pengambilan sampel secara simple random sampling. Analisis data bivariat mengunakan uji Chi-Square dan analisis multivariat menggunakan regression logistic binary. Hasil. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa sebagian besar penggunaan alat kontrasepsi pada ibu pasca persalinan sebanyak 61,5% tidak menggunakan alat kontrasepsi, usia reproduksi sehat sebanyak 60,3%, pengetahuan kurang sebanyak 52,6%, paritas multipara sebanyak 53,8%, jenis alat kontrasepsi metode kontrasepsi jangka Panjang sebanyak 60,3%, layanan KB tidak tersedia sebanyak 51,3%, ibu yang mendapatkan dukungan suami kurang sebanyak 60,3%, dan ibu yang mendapatkan dukungan petugas Kesehatan kurang sebanyak 59%. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara usia, pengetahuan, paritas, jenis alat kontrasepsi, ketersediaan layanan KB, dukungan suami, dukungan petugas kesehatan kesehatan dengan penggunaan alat kontrasepsi pada ibu pasca persalianan. Hasil analisis multivariat menunjukan bahwa dari semua variabel, ketersediaan layanan KB adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap penggunaan alat kontrasepsi pada ibu pasca persalianan di wilayah kerja Puskesmas Kolonodale Kapupaten Morowali Utara. Kesimpulan. Determinan penggunaan alat kontrasepsi pada ibu pasca persalian yang berpengaruh yaitu usia, pengetahuan, paritas, jenis alat kontrasepsi, ketersediaan layanan KB, dukungan suami dan dukungan petugas kesehatan. Dari semua variabel yang paling berpengaruh pada penggunaan alat kontrasepsi pada ibu pasca persalianan adalah ketersediaan layanan KB.

Keywords : Kontrasepsi, usia, pengetahuan, paritas, dukungan suami, ketersediaan layanan KB, dukungan petugas kesehatan, pasca persalian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Contraception, Age, Knowledge, Parity, Husband’s support, Availability of family planning services, Support from health workers, Postpartum.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:35
Last Modified: 15 Oct 2024 02:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37866

Actions (login required)

View Item
View Item