Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Sampah Studi Kasus: Bank Sampah Unit Peduli Pasara Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar = Influencing Factors on Community Intention for Becoming a member of Waste Bank A Case Study from : Waste Bank Peduli Pasara Unit, Biringkanaya District, Makassar City


Saldi, Riangga Putra (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Sampah Studi Kasus: Bank Sampah Unit Peduli Pasara Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar = Influencing Factors on Community Intention for Becoming a member of Waste Bank A Case Study from : Waste Bank Peduli Pasara Unit, Biringkanaya District, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011201195_skripsi_07-06-2024 cover1.png

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011201195_skripsi_07-06-2024 1-2.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011201195_skripsi_07-06-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011201195_skripsi_07-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 September 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Bank Sampah merupakan program pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang menerapkan prinsip 3R. Niat merupakan faktor motivasi yang mempengaruhi perilaku dan memungkinkan orang lain untuk bertindak atas niat yang tidak berasal dari diri mereka sendiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior (TPB), yang dikembangkan dari Theory of Reasoned Action (TRA) oleh Ajzen. TPB dirancang untuk memahami perilaku manusia dengan lebih baik daripada TRA, dimana niat seseorang mempengaruhi perilakunya.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat dan perilaku masyarakat menjadi nasabah Bank Sampah Unit Peduli Pasara menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik observasional dengan desain penelitian case control. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling untuk kelompok nasabah bank sampah dan purposive sampling untuk kelompok bukan nasabah bank sampah. Sebanyak 88 sampel yang terpilih terdiri dari 44 nasabah dan 44 bukan nasabah. Hasil: Uji Fisher's Exact menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, dan kontrol persepsi memiliki pengaruh signifikan terhadap niat menjadi nasabah bank sampah dan niat terhadap perilaku menjadi nasabah bank sampah (p-value 0,000) (<0,05). Pada uji multivariat, hanya norma subjektif yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku menjadi nasabah bank sampah (p-value 0,002). Kesimpulan: Masyarakat memiliki sikap, norma subjektif, kontrol persepsi yang baik terhadap niat dan perilaku menjadi nasabah Bank Sampah Unit Peduli Pasara. Saran: Untuk meningkatkan norma subjektif dan kontrol persepsi masyarakat agar lebih banyak yang menjadi nasabah bank sampah, dapat dilakukan melalui berbagai upaya seperti, kampanye penyuluhan yang secara aktif melibatkan masyarakat dalam kegiatan 3R.

Keywords : Bank Sampah, SIPSN, Theory of Planned Behavior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Waste Bank, SIPSN, Theory of Planned Behavior
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:28
Last Modified: 25 Sep 2024 03:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37860

Actions (login required)

View Item
View Item