PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK ASN (Studi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bantaeng)


NURUNG, JUMIATY (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK ASN (Studi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bantaeng). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of 18_P0900316008_Disertasi(FILEminimizer).pdf] Text
18_P0900316008_Disertasi(FILEminimizer).pdf

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh langsung kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, (2) pengaruh langsung kepemimpinan terhadap kualitas
pelayanan publik, (3) pengaruh langsung motivasi pelayanan publik terhadap kepuasan kerja, (4) pengaruh langsung motivasi pelayanan publik terhadap kualitas pelayanan publik, (5) pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan publik, (6) pengaruh tidak langsung kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan publik melalui kepuasan kerja, dan (7) pengaruh tidak langsung motivasi pelayanan publik terhadap kualitas pelayanan publik melalui kepuasan kerja ASN di Kabupaten Bantaeng.
Penelitian ini dilaksanakan pada Kabupaten Bantaeng dimana yang menjadi objek penelitian adalah seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintahan
Kabupaten Bantaeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey lapangan dengan memberikan kuesioner kepada 369 responden. Pengambilan sampel
dilakukan secara purposive sampling di mana unsur pimpinan (eselon 1-3) diambil semua, eselon 4 hanya 10% dari populasi, sedangkan pegawai juga hanya 10% dari
populasi. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), yang dioperasikan melalui program AMOS 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja dan kualitas pelayanan publik, sehingga jika kepemimpinan ditingkatkan maka akan semakin meningkat pula kepuasan kerja dan kualitas pelayanan
public. Motivasi pelayanan publik berpengaruh langsung positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan kualitas pelayanan public, sehingga semakin baik motivasi
pelayanan publik maka akan berimplikasi terhadap peningkatan kepuasan kerja dan kualitas pelayanan publik, hasil penelitian ini memperbaiki hasil sebelumnya khususnya kajian yang dilakukan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, motivasi pelayanan publik, kepuasan kerja, dan kualitas pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:40
Last Modified: 23 Sep 2024 07:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37800

Actions (login required)

View Item
View Item