Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Perceived Enjoyment, Efikasi Diri dan Pengaruh Sosial terhadap Intention to Use QRIS Payment = The Influence of Digital Financial Literacy, Perceived Enjoyment, Self-Efficacy and Social Influence on Intention to Use QRIS Payment


Ratu Ramba, Alvyonitha (2024) Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Perceived Enjoyment, Efikasi Diri dan Pengaruh Sosial terhadap Intention to Use QRIS Payment = The Influence of Digital Financial Literacy, Perceived Enjoyment, Self-Efficacy and Social Influence on Intention to Use QRIS Payment. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of COVER]
Preview
Image (COVER)
A062212039_tesis_27-08-2024 cover1.jpg

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-2] Text (BAB 1-2)
A062212039_tesis_27-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of DAPUS] Text (DAPUS)
A062212039_tesis_27-08-2024 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
A062212039_tesis_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh literasi keuangan digital, perceived enjoyment, efikasi diri, dan pengaruh sosial terhadap intention to use QR/S payment. Penelitian dilaksanakan di Universitas Hasanuddin dengan jumlah sampel sebanyak 351 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan digital berpengaruh signifikan positif terhadap intention to use QR/S payment, perceived enjoyment berpengaruh signifikan positif terhadap intention to use QRIS payment, efikasi diri berpengaruh signifikan positif terhadap intention to use QRIS payment, dan pengaruh sosial berpengaruh signifikan positif terhadap intention to use QR/S payment. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor-faktor seperti literasi keuangan digital, perceived enjoyment, efikasi diri, dan pengaruh sosial merupakan komponen penting dalam pembentukan niat penggunaan. Jadi, bagi penyedia layanan keuangan digital, hal ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk peningkatan penerapan layanan transaksi keuangan digital di masa depan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan digital, perceived enjoyment, efikasi diri, pengaruh sosial, intention to use, QRIS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 20 Sep 2024 05:50
Last Modified: 20 Sep 2024 05:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37687

Actions (login required)

View Item
View Item