FUNGSI PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGEDARAN OBAT DAN MAKANAN SECARA ONLINE DI KOTA MAKASSAR = FUNCTIONS OF CIVIL SERVANT INVESTIGATERS OF THE DRUG AND FOOD CONTROL AGENCY IN INVESTIGATING CRIMINAL ACTS OF ONLINE DRUG AND FOOD DISTRIBUTION IN MAKASSAR CITY


Elnizar, Muh. Reza (2024) FUNGSI PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGEDARAN OBAT DAN MAKANAN SECARA ONLINE DI KOTA MAKASSAR = FUNCTIONS OF CIVIL SERVANT INVESTIGATERS OF THE DRUG AND FOOD CONTROL AGENCY IN INVESTIGATING CRIMINAL ACTS OF ONLINE DRUG AND FOOD DISTRIBUTION IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012211095_tesis_04-09-2024 cover1.jpg

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012211095_tesis_04-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (906kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012211095_tesis_04-09-2024 dapus.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012211095_tesis_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muh Reza Elnizar (B012211095), Fungsi Penyidik Pegawai Negeri Sipil Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam Menangani Tindak Pidana Peredaran Obat dan Makanan Secara Online di Kota Makassar. (Dibimbing oleh M. Syukri Akub dan Abd. Asis). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi Penyidik Pegawai Negeri Sipil Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam menyelesaikan tindak pidana peredaran obat dan makanan secara online dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam menangani tindak pidana peredaran obat dan makanan secara online.Penelitian ini menggunakan metode normatif empiris untuk melihat hukum dalam arti yang sebenarnya dan meneliti bagaimana hukum bekerja di masyarakat. Penelitian ini mengambil lokasi di Kantor BPOM Kota Makassar. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) fungsi Penyidik Pegawai Negeri Sipil BPOM dalam menangani tindak pidana peredaran obat dan makanan secara online adalah sebagai Regulator dan Pengawasan (sistem pengawasan pra distribusi dan pengawasan pasca distribusi), Pembinaan, dan Penegakan Hukum. Fungsi-fungsi tersebut telah dijalankan oleh Balai Besar POM di Makassar sebagaimana mestinya meskipun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. (2) Hambatan yang dihadapi Penyidik Pegawai Negeri Sipil BPOM dalam menangani tindak pidana peredaran obat dan makanan secara online adalah kurangnya jumlah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BPOM, sehingga mengakibatkan terbatasnya proses pengawasan, tidak adanya media sebagai wadah penyampaian laporan, persepsi masyarakat yang beranggapan bahwa membeli produk secara online lebih terjangkau dan stigma masyarakat yang beranggapan bahwa berbelanja secara online lebih praktis.

Kata kunci : Fungsi, Penyidik, Obat dan Makanan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Function, Investigator, Drugs and Food
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:38
Last Modified: 19 Sep 2024 01:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37655

Actions (login required)

View Item
View Item