Respons Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalur Rel Kereta Api Trans Sulawesi : Studi Tentang Masalah Pembebasan Lahan di Kabupaten Maros = Community Response to the Construction of the Trans Sulawesi Railway Line: A Study of Land Acquisition Problems in Maros Regency


Nadiah M., Putri (2024) Respons Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalur Rel Kereta Api Trans Sulawesi : Studi Tentang Masalah Pembebasan Lahan di Kabupaten Maros = Community Response to the Construction of the Trans Sulawesi Railway Line: A Study of Land Acquisition Problems in Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071201037_skripsi_05-08-2024 cover1.png

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071201037_skripsi_05-08-2024 1-2.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071201037_skripsi_05-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071201037_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Hadirnya transportasi kereta api di Kabupaten Maros bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan konektivitas antara wilayah, dan mempermudah pergerakan barang maupun orang jika menempuh suatu daerah. Namun, dibalik tujuannya tersebut ternyata juga memberikan dampak negatif lainnya bagi sebagian masyarakat, terutama bagi masyarakat yang lahannya terkena proyek pembangunan, seperti pada masyarakat desa Salenrang. Tujuan. Penelitian ini menjelaskan respons masyarakat Desa Salenrang terhadap pembebasan lahan untuk pembangunan rel kereta api, mengidentifikasi dampak yang dirasakan oleh masyarakat Desa Salenrang akibat dari pembebasan lahan dan menjelaskan upaya yang dilakukan. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik dalam pengumpulan data. Hasil penelitian. Ditemukan beragam respons oleh masyarakat desa Salenrang terhadap pembebasan lahan untuk pembangunan, ada yang menolak, menerima, bernegosiasi, dan ada juga yang bersikap tidak peduli atas kebijakan tersebut. Pembebasan lahan ini juga memberikan dampak negatif dalam aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Menghadapi dampak dan permasalahan yang dirasakan, masyarakat desa Salenrang ada melakukan beberapa tindakan, diantaranya melakukan protes dan demonstrasi, membuka diri kepada pihak lainnya serta mengembangkan strategi adaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika sosial dan dampak pembangunan infrastruktur terhadap masyarakat lokal.

Keywords : Transportasi Kereta Api; Pembebasan Lahan; Respons Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Railway Transportation; Land Acquisition; Community Response.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:13
Last Modified: 18 Sep 2024 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37583

Actions (login required)

View Item
View Item