Hakim, Muhammad Naufal (2024) IMPLEMENTASI INCOMING GLOBAL VOLUNTEER (IGV) AIESEC DI INDONESIA DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN BERKUALITAS = IMPLEMENTATION OF AIESEC'S INCOMING GLOBAL VOLUNTEER (IGV) IN INDONESIA IN SUPPORTING QUALITY EDUCATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E061201043_skripsi_05-08-2024 cover1.png
Download (286kB) | Preview
E061201043_skripsi_05-08-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
E061201043_skripsi_05-08-2024 dp.pdf
Download (535kB)
E061201043_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini berfokus pada bagaimana program dari AIESEC yaitu Incoming Global Volunteer (IGV) sendiri berjalan, dari implementasi dan juga dampak. Tujuannya sendiri melihat dari proses program ini apakah dampaknya memberikan hasil memuaskan dan berdampak untuk seterusnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data library research atau penelitian kepustakaan yang diambil melalui artikel, jurnal dan buku bacaan yang berfokus pada penelitian dan penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui wawancara sumber yang terlibat langsung dalam objek penelitian. Penelitian ini menunjukkan bagaimana dari sebuah organisasi non pemerintah sendiri melakukan sebuah gerakan dan juga terbuka untuk para pemuda untuk dapat memberikan dampak kepada lingkungan sekitar. Organisasi yang bernama AIESEC sendiri telah lahir sejak 1948 dan semenjak itulah organisasi ini terus berkembang, dari pembahasan forum, pertukaran, hingga pembukaan relawan secara lintas negara yang berdasarkan dari isu-isu yang ada dan saat ini Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian ini juga akan berfokus pada bagaimana program dari IGV ini berlangsung dan bagaimana dampak dari program ini di Indonesia agar dapat mencapai dari salah satu indikator pendidikan berkualitas dan terjadinya pertukaran budaya yang terjadi di dalam prosesnya. Pada peninjauan lebih lanjut implementasi yang dilakukan berlangsung dengan baik dengan persiapan, pelaksanaan dan akhir, dari segi dampak sendiri juga dapat dirasakan oleh beberapa pihak namun juga tidak menutupi adanya tantangan dalam prosesnya.
Keywords : IGV (Incoming Global Volunteer), AIESEC, SDGs (Sustainable Development Goals), Pendidikan Berkualitas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IGV (Incoming Global Volunteer), AIESEC, SDGs (Sustainable Development Goals), Quality Education. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 05:44 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 05:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37555 |