Rohaeti, Yeti (2024) TRANSFORMASI E - GOVERNMENT BERKELANJUTAN DALAM PROSES PELAYANAN PUBLIK PADA PENGELOLA RUANG KENDALI PEMERINTAH KOTA TANGERANG = SUSTAINABLE E-GOVERNMENT TRANSFORMATION IN THE PUBLIC SERVICE PROCESS AT THE TANGERANG CITY GOVERNMENT CONTROL ROOM MANAGER. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
A033212012_disertasi_27-08-2024 cover1.jpg
Download (226kB) | Preview
A033212012_disertasi_27-08-2024 bab I-II.pdf
Download (1MB)
A033212012_disertasi_27-08-2024 dp.pdf
Download (1MB)
A033212012_disertasi_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
YETI ROHAETI. Transformasi E-Government Berkelanjutan Dalam Proses Pelayanan Publik Pada Pengelola Ruang Kendali Pemerintah Kota Tangerang (dibimbing oleh Muhammad Yunus Amar, Musran Munizu dan
Muhammad Sobarsyah)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan proses transformasi e government; mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan orientasi penyelenggaraan e
government; membangun sebuah modul transformasi e government menuju e governance dalam proses pelayanan publik pada Pengelola Ruang Kendali Tangerang Live Room (TLR) Pemerintah Kota Tangerang
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi langsung ke lapangan, dokumentasi dan focus group discusion yang kemudian dianalisis dengan studi kasus
pada UPT Pengelola Ruang Kendali pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang. Informan dalam penelitian ini melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan, dan Perumda Tirta Benteng.
Hasil penelitian menunjukkan tranformasi e-government berkelanjutan dalam proses pelayanan publik telah menunjukan kemajuan yang signifikan dalan pelayanan publik antara lain pertama, telah behasil
memgintegrasikan berbagai layanan publik melalui penggunaan aplikasi Tangerang live. Kedua, terdapat upaya signifikan untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam penggunaan dan pengembangan aplikasi e-government. Ketiga, adanya komitmen yang jelas terhadap evaluasi dan penyempurnaan berkelanjutan dalam operasional e-government. Keempat, terdapat fokus yang kuat pada peningkatan aksesibilitas dan inklusivitas
dalam layanan e goverment, dan kelima, adanya inisiatif untuk melindungi data pengguna. Model transformasi e-Government berkelanjutan yang diadopsi oleh Kota Tangerang melalui Tangerang Live Room (TLR) mencakup pendekatan holistik yang tidak hanya mengutamakan pengembangan teknologi, tetapi juga memperhatikan interaksi manusia, keamanan, dan keberlanjutan layanan publik yang mencerminkan sebuah sistem yang responsif, inklusif, dan adaptif terhadap kebutuhan dan tantangan yang terus berubah dari masyarakat modern.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transformasi, E-Government, Pelayanan Publik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:27 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37552 |