Pengaruh E-WOM Dan Daya Tarik Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Pantai di Kecamatan Tamalate, Makassar


Yunus, Brisa Aprily Putri (2023) Pengaruh E-WOM Dan Daya Tarik Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Pantai di Kecamatan Tamalate, Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of L041191011_skripsi_04-01-2024 cover1.png]
Preview
Image
L041191011_skripsi_04-01-2024 cover1.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of L041191011_skripsi_04-01-2024 1-2.pdf] Text
L041191011_skripsi_04-01-2024 1-2.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of L041191011_skripsi_04-01-2024 dp.pdf] Text
L041191011_skripsi_04-01-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of L041191011_skripsi_04-01-2024.pdf] Text
L041191011_skripsi_04-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung dan untuk menganalisis pengaruh E-WOM (Electronic Word of Mouth) dan daya tarik objek wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada objek wisata Pantai Akkarena dan Pantai Indah Bosowa, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2023, di Pantai Akkarena dan Pantai Indah Bosowa, Kecamatan Tamalate. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survai dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu wisatawan yang sedang atau pernah melakukan kunjungan ke objek wisata Pantai Akkarena dan Pantai Indah Bosowa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji f dimana analisis dilakukan pada masing- masing objek wisata. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa wisatawan yang melakukan kunjungan pada Pantai Akkarena dan Pantai Indah Bosowa mayoritas adalah perempuan berusia muda hingga dewasa dengan pekerjaan yaitu mahasiswa(i)/pelajar yang belum/tidak memiliki pendapatan, intensitas berkunjung yaitu mayoritas sebanyak 2 kali, dan sumber informasi terkait objek wisata Pantai Akkarena diperoleh dengan komunikasi melalui media sosial whatsapp, sedangkan sumber informasi yang diperoleh wisatawan terkait objek wisata Pantai Indah Bosowa diperoleh melalui teman/keluarga wisatawan dan mayoritas adalah wistawan yang baru pertama kali berkunjung. EWOM (X1) dan daya tarik (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan berkunjung (Y) pada objek wisata Pantai Akkarena dan Pantai Indah Bosowa. Namun, EWOM (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:02
Last Modified: 18 Sep 2024 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37511

Actions (login required)

View Item
View Item