Analisis Produksi dan Pemasaran Perikanan Budidaya Bandeng (Chanos chanos) di Kabupaten Pangkep


Hikmah, Hikmah (2023) Analisis Produksi dan Pemasaran Perikanan Budidaya Bandeng (Chanos chanos) di Kabupaten Pangkep. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of L041191043_skripsi_03-04-2023 cover1.png]
Preview
Image
L041191043_skripsi_03-04-2023 cover1.png

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of L041191043_skripsi_03-04-2023 1-2.pdf] Text
L041191043_skripsi_03-04-2023 1-2.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of L041191043_skripsi_03-04-2023 dp.pdf] Text
L041191043_skripsi_03-04-2023 dp.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of L041191043_skripsi_03-04-2023.pdf] Text
L041191043_skripsi_03-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK Hikmah L041 19 1043. “Analisis Produksi dan Pemasaran Perikanan Budidaya Bandeng (Chanos chanos) di Kabupaten Pangkep” dibimbing oleh Benny Audy Jaya Gosari sebagai pembimbing utama dan Aris Baso sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi produksi ikan bandeng dan pola saluran pemasaran, margin pemasaran, dan tingkat efisiensi pemasaran ikan bandeng di Kecamatan Labakkang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023, di Kecamatan Labakkang. Metode pengambilan sampel dilakukan Cluster Random Sampling dengan pertimbangan yaitu, daerah kawasan tambak yang masyarakatnya sebagian besar berprofesi sebagai pembudidaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian warga desa di Kecamatan Labakkang yang berprofesi sebagai pembudidaya ikan bandeng, dan lembaga pemasaran ikan bandeng. Penentuan sampel metode klaster. Teknik pengambilan data wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan model fungsi produksi Cobb- Douglas dan saluran pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa nener (X2) dan pupuk (X4) berpengaruh nyata terhadap produksi bandeng (Y), luas lahan (X1) dan tenaga kerja (X3) tidak berpengaruh nayata terhadap produksi bandeng (Y); Bentuk saluran pemasaran ikan bandeng yaitu bentuk saluran pemasaran I (melalui pedagang pengumpul) dan bentuk saluran pemasaran II (melalui pedagang besar); nilai margin dan biaya pemasaran bentuk saluran I lebih kecil dibandingkan saluran II, serta tingkat efisiensi pemasaran yang paling efisien terdapat pada saluran II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Sep 2024 00:48
Last Modified: 18 Sep 2024 00:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37494

Actions (login required)

View Item
View Item