Hubungan Pelayanan Prima (Service Excellence) dengan Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar


Aryento, Claudia Gracelia Putri (2024) Hubungan Pelayanan Prima (Service Excellence) dengan Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011201013_skripsi_05-07-2024 cover1.png

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011201013_skripsi_05-07-2024 1-2.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011201013_skripsi_05-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011201013_skripsi_05-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Pelayanan prima merupakan pemberian layanan dalam mewujudkan kepedulian pada pelanggan dengan memberikan layanan terbaik. Dengan meningkatnya kualitas layanan dapat menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih besar. Berdasarkan data yang diperoleh, Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Tadjuddin Chalid belum memenuhi standar kepuasan pasien menurut SPM 2008 pada tahun 2020-2022. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelayanan prima dengan kepuasan pasien instalasi rawat jalan RSUP Dr. Tadjuddin Chalid. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah rata-rata kunjungan per bulan pada 10 poliklinik dengan kunjungan terbanyak pada tahun 2022 yaitu sebanyak 2.398 pasien dan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional sampling dan hasil wawancara dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil : Hasil uji hubungan keenam variabel dengan kepuasan pasien yaitu ability (p=0,001), attitude (p=0,001), appearance (p=0,013), attention (p=0,006), action (p=0,002), dan accountability (p=0,000). Namun, keenam dimensi ini dinilai mayoritas masih dalam kategori cukup prima dan kepuasan pasien mayoritas dalam kategori cukup puas. Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan antara dimensi pelayanan prima dengan kepuasan pasien dimana keenam dimensi pelayanan prima, yaitu ability, attitude, appearance, attention, action, dan accountability masing-masing memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pasien instalasi rawat jalan RSUP Dr. Tadjuddin Chalid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Kepuasan Pasien, Instalasi Rawat Jalan, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:49
Last Modified: 11 Sep 2024 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37320

Actions (login required)

View Item
View Item