Fitrianih, Ana Sofiah (2024) Peran Media Sosial Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan PAZ Al Kasaw di Rumah PAZTI Hasanuddin. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011181009_skripsi_05-07-2024 cover1.png
Download (363kB) | Preview
K011181009_skripsi_05-07-2024 1-2.pdf
Download (3MB)
K011181009_skripsi_05-07-2024 dp.pdf
Download (799kB)
K011181009_skripsi_05-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang. Pada akhir tahun 2018 viral di media sosial sebuah pengobatan tradisional asal Indonesia dengan jargon pengobatan tanpa operasi, tanpa alat, tanpa obat, tanpa jimat yang menimbulkan pro kontra di media sosial. Penggunaan media sosial di bidang kesehatan sangat marak digunakan dan terdapat banyak sekali informasi di bidang kesehatan. Namun belum ada penelitian yang membahas tentang peran media sosial terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan tradisional PAZ Al Kasaw. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran media sosial terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan PAZ Al Kasaw di Rumah PAZTI Hasanuddin. Metode. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Jumlah informan adalah tujuh. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling, lokasi penelitiannya di Rumah PAZTI Hasanuddin. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan content analysis yang disajikan secara naratif. Hasil. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa media sosial sangat berperan dalam memberikan informasi kesehatan berupa testimoni orang yang menggunakan terapi PAZ Al Kasaw. Media sosial berperan dalam menemukan pelayanan terapi PAZ Al Kasaw dengan mudah yang dibantu dengan Google Maps. Media sosial kurang berperan dalam mempengaruhi perilaku kesehatan positif berupa mengerjakan terapi mandiri. Pemanfaatan pelayanan kesehatan PAZ di Rumah PAZTI Hasanuddin sebagian sesuai dengan ekspektasi yang diterima informan, sebagian informan ada yang memanfaatkan kembali layanan terapi, semua informan mendapatkan manfaat setelah menerima layanan terapi, dan sebagian besar informan puas dengan kualitas layanan terapi dan merekomendasikan terapi PAZ Al Kasaw. Kesimpulan. Media sosial sangat berperan sebagai informasi kesehatan dan menemukan layanan kesehatan PAZ, namun kurang berperan dalam mempengaruhi perilaku kesehatan positif. Pemanfaatan pelayanan kesehatan PAZ sebagian sesuai dengan ekspektasi yang diterima informan, sebagian ada yang memanfaatkan kembali layanan terapi, semua informan mendapatkan manfaat setelah terapi, dan sebagian besar informan puas dengan layanan terapi dan merekomendasikan terapi PAZ Al Kasaw.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media sosial; Pelayanan kesehatan; Pengobatan tradisional. |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 23:50 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 23:50 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37308 |