Penggunaan Media Belajar Buku Saku, Audio Musik dan Panthom berdasarkan Gaya Belajar Mahasiswa Kebidanan terhadap Peningkatan Skill Laboratory Asuhan Kala II Persalinan = The Use Of Learning Media Such As Pocket Books, Music Audio, And Panthom Based On The Learning Styles Of Midwifery Students Towards The Improvement Of Laboratory Skills In Handling Stage II Childbirth.


Sapartina, Nur Eva (2024) Penggunaan Media Belajar Buku Saku, Audio Musik dan Panthom berdasarkan Gaya Belajar Mahasiswa Kebidanan terhadap Peningkatan Skill Laboratory Asuhan Kala II Persalinan = The Use Of Learning Media Such As Pocket Books, Music Audio, And Panthom Based On The Learning Styles Of Midwifery Students Towards The Improvement Of Laboratory Skills In Handling Stage II Childbirth. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102221019_tesis_09-07-2024 cover1.png

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102221019_tesis_09-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102221019_tesis_09-07-2024 dp.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102221019_tesis_09-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Tingginya Angka kematian ibu masih menjadi masalah global saat ini. Kehadiran bidan yang kompeten dengan kualitas yang baik merupakan faktor utama dalam menurunkan angka kematian ibu. Tenaga bidan dengan kompetensi yang baik dihasilkan dari institusi kebidanan profesional dengan kemampuan klinis yang baik (midwifery skill). Pendidikan kebidanan yang memiliki kualitas yang baik mempunyai peranan yang sangat penting dalam menghasilkan lulusan kebidanan yang berkompeten yang memungkinkan terjadinyaperubahan pada angka kematian maternal dan neonatal. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis Peningkatan Keterampilan Skill Lab Asuhan Kala II Persalinan setelah menggunakan media belajar Buku Saku, Audio musik dan Phantom berdasarkan gaya belajar mahasiswa kebidanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-only control group design dengan jumlah sampel sebanyak 90 mahasiswa kebidanan semester II prodi kebidanan Universitas Sipatokkong Mambo, UnIversitas Andi Sudirman dan Akbid Batari Toja Watampone. Analisis data menggunakan uji friedman dan Mann Whitney. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu buku saku, audio musik dan phantom. Hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai keterampilan praktik asuhan kala II persalinan setelah diberikan media belajar yang sesuai mengalami peningkatan pada test 1 dengan rata-rata nilai (1.00), test 2 (2.09), dan test 3 (2.91). Hasil analisis menggunakan uji Friedman didapatkan nilai p=0.01 < 0.05, adapun rata-rata skor keterampilan praktik asuhan kala II persalinan setelah diberikan media belajar yang tidak sesuai dengan gaya belajarnya pada test 1 dengan rata-rata nilai (1.72), test 2 (1.61), dan test 3 (2.67). Hasil analisis menggunakan uji Friedman didapatkan nilai p=0.01 < 0.05. Hasil analisis menggunakan Uji Mann Whitney diperoleh Mean Rank keterampilan pada kelompok media belajar yang sesuai dengan gaya belajarnya (46.79) dan Mean Rank keterampilan pada kelompok yang tidak sesuai dengan gaya belajarnya lebih rendah yaitu (44.21). Adapun perolehan nilai p=0.570 (>0.05) yang berarti Kelompok yang diberikan media yang sesuai dengan gaya belajarnya dengan kelompok yang diberikan media yang tidak sesuai dengan gaya belajarnya sama-sama mampu meningkatkan keterampilan asuhan kala II persalinan pada mahasiswa kebidanan, meskipun demikian kelompok yang diberikan media sesuai dengan gaya belajarnya memiliki peningkatan yang lebih tinggi.

Kata Kunci : Media Belajar, Gaya Belajar, Keterampilan Skill Lab, Asuhan Kala II Persalinan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Learning Styles, Skill Lab, Second Stage Labor Care.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:29
Last Modified: 10 Sep 2024 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37177

Actions (login required)

View Item
View Item