PENGGUNAAN KALIMAT INVERSI PADA HARIAN UJUNGPANDANG EKSPRES


Hirawati, Tuti (2008) PENGGUNAAN KALIMAT INVERSI PADA HARIAN UJUNGPANDANG EKSPRES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full text] Text (full text)
TUTI HERAWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam penelitian ini, peneliti membahas dua pokok permasalahan. Pokok permasalahan yang dimaksud meliputi pola struktur fungsional yang membangun kalimat inversi dan tipe-tipe peran berdasarkan struktur fungsional yang membangun kalimat inversi pada harian Ujungpandang Ekspres.
Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode pustaka. Metode tersebut digunakan untuk memeroleh data sekunder dari hasil penelitian sebelumnya. Selain metode pustaka, digunakan pula metode penelitian lapangan. Metode ini dilakukan dengan menggunakan teknik catat. Hal tersebut dilakukan untuk menemukan sejumlah kalimat inversi pada harian Ujungpandang Ekspres yang menjadi objek penelitian. Setelah data terkumpul, maka digunakanlah metode deskriptif untuk menganalisis data lebih lanjut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pola struktur fungsional kalimat inversi dalam struktur kalimat tunggal pada harian Ujungpandang Ekspres, yaitu P-S-K, K-P-S-K, K-P-S dan kalimat inversi dalam struktur kalimat majemuk, yaitu P-S-K, K-P-S, P-S-K.
Berdasarkan hasil penelitian dengan memperhatikan data yang ada,dapat diketahui bahwa struktur kalimat inversi yang lebih dominan pada harian Ujungpandang Ekspres berpola P-S-K.
Berdasarkan peran unsur-unsur pembentuk kalimat inversi, maka ditemukan peran unsur pengisi predikat yang menyatakan perbuatan dan kaeadaan, peran unsur pengisi subjek yang menyatakan pelaku,hasil, penderita, dan pengalam, dan peran unsur pengisi keterangan yang menyatakan waktu, cara, tempat, dan pelaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:56
Last Modified: 09 Sep 2024 01:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37167

Actions (login required)

View Item
View Item