Karakter tokoh dalam novel "olenka" suatu tinjauan psikologis


HILAL, HILAL (1996) Karakter tokoh dalam novel "olenka" suatu tinjauan psikologis. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
HILAL.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Persoalan pokok dalam novel Olenka adalah menvanekut pergolakan diwa manusia yang menggambarkan tentang kon- flik-konflik batin dalam diri tokoh tersebut. Dalam novel ini dapat kita temukan tokoh-tokoh yang berkecamuk dengan pikiran dan pandangan-pandanean hidupnva sendiri- Hal inlah yang banyak mempengaruhi karakter tokoh-tokohnya-
Karakter tokoh tersebut lebih banyak diwarnai oleh reaksi-reaksi kejiwaan, sehingga setiap tindakannya banyak bersumber dari dalam dirinya sendiri. Jika Wayne banyak dipengaruhi oleh alam bawah sadarnya, maka Fantond Drum¬mond dan Olenka dalam ,iiwanva .iustru dikuasai oleh struk- tur kepribadiannya yang paling dalam.
Jika dilihat dari sudut pandang psikoloei terhadap tokoh-tokohnya, maka akan kita temukan penyebab yang mendasar mensapa tokoh-tokoh tersebut berkarakter demi- kian. Namun dalam gambaran hasil penelitian sedikit banyaknva akan dipensaruhi oleh kerangka-keraneka struk- tural, seperti unsur latar dan unsur alurnya. Penekanan pendekatan psikologi vang dipakai dalam penelitian ini adalah bersumber dari teori-teori psikoanalisa Freud. Selan.iutnya akan disimpulkanlah karakter dan penvebabnya menurut teori psikoanalisa Freud tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:28
Last Modified: 09 Sep 2024 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37153

Actions (login required)

View Item
View Item